Beranda Maluku Utara BNNP Malut dan Bea Cukai Joint Operation Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika

BNNP Malut dan Bea Cukai Joint Operation Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika

99
0
BAGIKAN
Pertemuan Kepala BNNP Malut Roy Hardi Siahaan dan Kepala Kanwil Dirjen Bea Cukai Maluku Erwin Situmorang.

TERNATE – Meningkatkan pengawasan, pencegahan dan pemberantasan Narkotika di Provinsi Maluku Utara, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP ) Maluku Utara dan Bea Cukai melakukan Joint Operation Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika.

Kesepakatan tersebut dilakukan setelah kepala Kanwil Dirjen Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang bersama Kepala Bea Cukai Ternate, Dicky Hadi Pratama bertemu kepala BNNP Maluku Utara, Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan, Rabu (03/3).

Pada kesempatan tersebut Roy Hardi Siahaan menyampaikan, BNNP Malut membutuhkan sinergi dan kolaborasi untuk pencegahan dan pemberantasan narkotika di Maluku Utara.

Menurut jenderal bintang satu ini, narkotika tidak hanya beredar di masyarakat namun juga oleh aparat. Juga menyikapi fenomena yang rawan saat ini dimana jasa ekspedisi menjadi salah satu modus pengiriman Narkoba di Malut seperti yang beberapa kali diungkap oleh BNNP Malut.

“Kita berharap agar Kanwil Dirjen Bea Cukai Maluku melalui Kantor Bea Cukai Ternate melakukan Joint Operation atau operasi bersama BNNP Malut baik di bandara maupun pelabuhan laut yang tentu saja melibatkan instansi terkait yakni bandar udara, adminstrator pelabuhan, pihak Imigrasi dan Lapas di bawah Kemenkumham dan asosiasi jasa penitipan di Maluku Utara. Dengan duduk bersama dan menyepakati kerja sama Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika di Maluku Utara,” harap Roy.

Menanggapi hal tersebut, kepala DJBC Maluku, Erwin Situmorang antusias untuk bekerja sama dimaksud. Menurutnya, joint operation dimaksud adalah pemeriksaan dan pengawasan rutin baik di bandara dan pelabuhan.

“Kalau sudah jalan, Kita akan melibatkan personil yang memiliki keahlian menganalisa paket barang yang dicurigai seperti narkotika melalui X-ray bandara, serta memahami body language (bahasa tubuh) penumpang dan pemeriksaan cukai melalui pelabuhan laut,” ungkap Erwin.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut turut hadir Kepala Kabid Penindakan, Kasi Narkotika dan Kasubsi Intelejen Bea Cukai, sementara personil BNNP Malut turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kabag Umum dan Humas. (HI)