Beranda Maluku Utara Dukung Program BAKUGASA ASNetral, Bawaslu Sambangi Pemkot Ternate dan Tikep

Dukung Program BAKUGASA ASNetral, Bawaslu Sambangi Pemkot Ternate dan Tikep

786
0
BAGIKAN

TERNATE – Dalam rangka mendukung program “Bangun Kerjasama Untuk Gerakan Sadar Netralitas ASN (BAKUGASA ASNetral)”, program yang merupakan Proper Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku Utara (Malut), Drs Irwan M. Saleh ME, Bawaslu Malut secara maraton mendatangi untuk melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep), Selasa (18/05/21).

Diawali di Ternate, diterima langsung Walikota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si beserta jajarannya pada pukul 09.00 WIT, yang intinya membahas rencana kerjasama antara dua pihak yang diawali penyerahan draf naskah kerjasama dari Anggota Bawaslu Malut. Hj Masita Nawawi Gani SH pada Walikota Ternate.

“Bentuk kerjasama ini dalam rangka menekan tingkat pelanggaran netralitas ASN pada hajatan Pemilu maupun Pilkada yang trennya terus meningkat. Harapannya kerjasama ini dapat terbangun agar pada pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada serentak pada 2024 nanti, tingkat pelanggaran netralitas ASN dapat ditekan atau diminimalisir,” kata Masita mengawali audiensi tersebut.

Walikota Ternate sendiri menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan siap mendukung penuh program BAKUGASA ASNetral ini. Bahkan, Walikota juga siap menugaskan jajaran Pemkot Ternate untuk menjadi bagian dari tim eksternal dalam rangka menyukseskan kerjasama dimaksud.

Usai melakukan audiensi dengan Pemkot Ternate, selanjutnya tim Bawaslu menuju Kota Tikep yang kemudian diterima oleh Walikota Capt Ali Ibrahim, Sekda dan jajaran pemerintah setempat di ruang rapat kantor walikota sekitar pukul 14.00.
Dengan agenda dan maksud yang sama pun mendapat respon positif dari Walikota Tidore dan jajarannya.

“Program ini sangat baik dan patut untuk mendapat dukungan,” ujar Walikota Tikep seraya berjanji siap mengerahkan jajaran Pemkot untuk menyukseskan program ini.

Dari dua agenda audensi tersebut, disepakati akan dilakukan perjanjian kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding) antara Bawaslu dan kedua Pemkot ini.

“Direncanakan pada akhir Mei hingga awal Juni akan dilaksanakan penandatangannya sekaligus dilaksanakan webinar dan deklarasi ASNetral sebagai bagian dari program ini,” kata ketua Tim Efektif BAKUGASA ASNetral, John Abdullah Buluran. (HI)