Beranda Halmahera Timur Touring Ramadan ke Pelosok Haltim, KJTV Bagikan Mushaf Al-Qur’an Hingga Paket Sembako

Touring Ramadan ke Pelosok Haltim, KJTV Bagikan Mushaf Al-Qur’an Hingga Paket Sembako

1529
0

HALTIM – Komunitas Jurnalis Televisi, Provinsi Maluku Utara atau (KJTV), melakukan atouring Ramadan 1442 Hijriah ke-wilayah Kabupaten Halmahera Timur untuk membagikan ratusan mushaf Al-Qur’an dan Iqra.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari sejak hari Sabtu dan Minggu 8-9 Mei 2021. Tim yang beranggotakan 9 jurnalis televisi itu melakukan perjalanan dari Ternate hingga Maba Ibu Kota Halmahera Timur dengan menempuh perjalan sejauh 229 Km dengan menggunakan sepeda motor dan menyinggahi beberapa Kecamatan di Kabupaten setempat guna bersedekah Al-Qura’an, Iqra hingga paket sembako.

Dalam touring ramadan itu tercatat sedikitnya 7 TPQ, 3 pesantren,1 rumah Tahfiz Quraan dan 1 Majelis Taklim disinggahi tim KJTV.

Diantaranya, TPQ An-Nur Desa Sondo-sondo Kecamatan Wasile Selatan, TPQ Nurul Hayat Desa Tabanalou, Kecamatan Wasile Selatan, Pondok Pesantren Ibaur Rahman Desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur, TPQ Dodaga, Majelis Taklim Mambaurhair Desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur, TPQ Nurul Fajriah Desa Bokimaake,Kecamatan Wasile Tengah, TPQ Takwa, Desa Lolobata, Kecamatan Wasile tengah ,TPQ Nurul Salbi, Kecamatan Maba Pura,TPQ Muhajirin Kecamatan Maba Pura ,Pondok Pesantren Darul Hasanah, Kecamatan Maba Pura,Pesantren Al- Abror Kota Maba, Rumah Tahfiz Al-Almahira Kota Maba.

Kordinator KJTV Maluku Utara, Ifan Gusti mengatakan, Kegiatan bantuan Al-Qur’an dan Iqra ke TPQ, Pesantren serta rumah –rumah pengajian itu diperuntukkan kepada masyarakat muslim dan anak anak  di Pelosok Desa Halmahera Timur untuk belajar mengaji.

“Semoga dengan bantuan Qur’an ini bisa menambah ketersediaan, maupun menggantikan Al-quran yang sudah lama dipakai sehingga mudah dipelajari dan dibaca anak-anak di TPQ maupun pesantren,” ungkapnya Minggu 9/05/21.

Kepala Desa Dodaga, Mursidin Abu mewakili pemerintah daerah setempat saat menerima paket Al-Qur’an, Iqra maupun Sembako dari Kjtv dan kemudian diserahkan ke pihak Pesantren Ibaur Rahman berlokasi di Desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur, mengapresiasi kegiatan sosial keagamaan yang dilakukan komunitas wartawan televisi dengan dukungan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

“Saya atas nama pemerintah desa banyak mengucapkan terima kasih kepada rekan –rekan wartawan dan perusahan PT IWIP yang telah jauh-jauh datang dari Ternate untuk memberikan bantuan ini, semoga bantuan ini dapat menjadi amalan buat teman-teman jurnalis televisi dan perusahan,” kata Mursidin.

Usai penyalalurkan bantuan di wilayah Wasile, rombongan bertolak hingga ke Kecamatan Maba Pura dan memberikan bantuan yang sama ke pihak pesantren dan TPQ setempat.

Salah satu perwakilan pesantren Darul Hasanah, Kecamatan Maba Pura Nuraisya Taher Idrus mengaku, bantuan yang diterimanya akan dipergunakan sebaik-baiknya sehingga dapat dipakai untuk mendidik santriwan /santriwati mereka.

“Ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang kegiatan yang akan dilaksanakan agar semua fasih dalam membaca Alqur’an, sehingga hafidz-hafidz dapat diandalkan ditengah tengah masyarakat,” tutur Nuraisya.

Sementara pendistribusian bantuan ke Ibu kota Kabupaten Halmahera Timur mengalami kendala akibat medan yang sulit sehingga paket bantuan tersebut harus dialihkan dengan jasa pengiriman melalui mobil lintas Halmahera untuk diberikan ke Pesantren Al- Abror dan Rumah Tahfiz Al-Almahira. (HI)