Beranda Hukrim Ratusan Napi dapat Remisi di HUT RI ke 76

Ratusan Napi dapat Remisi di HUT RI ke 76

1731
0
Penyerahan remisi secara simbolis tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Malut, Drs. Samsuddin A. Kadir yang didampingi Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku Utara, M. Adnan.

TERNATE – Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Maluku Utara  melaksanakan kegiatan Penyerahan Remisi Umum bagi narapidana dan anak yang dilangsungkan di Lapas kelas II A.

Penyerahan remisi secara simbolis tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Malut, Drs. Samsuddin A. Kadir yang didampingi Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku Utara, M. Adnan sekaligus  disaksikan forkopimda Malut, Selasa 17/08.

Usai penyerahan remisi, Samsuddin A Kadir memberikan apresiasi terhadap kinerja jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam melaksanakan tugas di Maluku Utara.

Menurutnya, tugas pembinaan dan pengawasan terhadap para tahanan narapidana sungguh mulia karena penerapan tugas dan fungsi penanganan terhadap para narapidana.

“Semoga terus berbenah dengan lebih banyak memberi edukasi dan peluang, berupa pelatihan sumber daya manusia agar bermanfaat bagi masyarakat ketika bebas dari masa tahanan,” ujar Sekprov.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenhukam Malut, M. Adnan memaparkan, jumlah narapidana yang diusulkan mendapat remisi yakni 681 orang, namun yang turun remisinya sebanyak 678.

“Tiga orang yang belum mendapat remisi diakarenakan belum lengkap administrasinya, mereka akan mendapat remisi tahun ini juga setelah perbaikan data. Ucapnya.

Rekapitulasi remisi umum 17 Agustus 2021 dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku Utara rinciannya sebagai berikut,

Lapas Kelas IIA Ternate, Diusulkan 201 orang, remisi yang turun sebanyak 213 orang dengan keterangan sebanyak 12 orang merupakan pindahan dari Rutan Ternate dan 1 orang mendapatkan remisi umum II.

Lapas Kelas IIB Jailolo, Diusulkan 51 orang, remisi yang turun juga 51 orang.

Lapas Kelas IIB Sanana, Diusulkan 90 orang, remisi yang turun 89 orang, dengan keterangan 1 orang remisinya belum turun karena perbaikan data dan akan diusulkan remisi susulan.

Lapas Kelas IIB Tobelo, Diusulkan 106 orang, remisi yang turun juga 106 orang.

Lapas Kelas IIB Labuha, Diusulkan 87 orang, remisi yang turun juga 87 orang.

LPP Kelas III Ternate, Diusulkan 18 orang, remisi yang turun juga 18 orang.

LPKA Kelas II Ternate, Diusulkan 11 orang, remisi yang turun juga 11 orang.

Rutan Kelas IIB Ternate, Diusulkan 52 orang, remisi yang turun 40 orang, dengan keterangan 12 orang pindah ke Lapas Kelas IIA Ternate.

Rutan Kelas IIB Soasio, Diusulkan 49 orang, remisi yang turun juga 49 orang.

Rutan Kelas IIB Weda, Diusulkan 16 orang, remisi yang turun 14 orang, dengan keterangan 2 orang remisinya belum turun karena perbaikan data dan akan diusulkan remisi susulan. (HI)