Beranda Maluku Utara Pasokan Listrik Dijamin Aman Selama Pelaksanaan STQ Nasional ke 26 di Sofifi

Pasokan Listrik Dijamin Aman Selama Pelaksanaan STQ Nasional ke 26 di Sofifi

585
0
Ilustrasi

SOFIFI – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional ke XXVI yang akan dilaksanakan di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara semakin dekat. Pembukaan salah satu event nasional ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2021 mendatang yang berlokasi di Masjid Raya Sofifi.

Dalam rangka mendukung kesiapan STQ Nasional ke XXVI tersebut, PLN menyiapkan berbagai langkah pengamanan keandalan sistem kelistrikan dan juga infrastruktur kelistrikan pendukungnya.

Khusus untuk Pembukaan Gelaran STQ Nasional ke XXVI di Masjid Raya Sofifi, PLN menyiapkan 2 unit Uninterruptable Power Supply (UPS) berkapasitas 200 kilo volt ampere (kVA) , 4 Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 3 x 250 kVA dan 1 x 400 kVA serta 6 unit genset dengan kapasitas 100 kilo watt (kW) dan 250 kW.

Selain itu, PLN juga memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Sofifi sebagai backup sistem yang disuplai dari PLTD Sofifi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menyampaikan bahwa pihaknya secara proaktif terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Maluku Utara serta Panitia Penyelenggaraan STQ Nasional ke XXVI, terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk gelaran STQ ini.

“Kami siap untuk mengamankan pasokan kelistrikan gelaran STQ Nasional ke XXVI di Sofifi, khususnya mulai dari kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Sofifi secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung”, tutur Adams.

Sebagai informasi, gelaran STQ Nasional XXVI di Sofifi, Maluku Utara akan berlangsung pada 14-22 Oktober 2021 mendatang.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PLN mengerahkan 115 personil yang akan disebar ke enam lokasi pelaksanaan STQ Nasional tersebut yang akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 7-24 Oktober 2021.

Secara keseluruhan, PLN menyediakan 3 unit UPS masing-masing berkapasitas 100 kVA sebanyak 1 unit dan 200 kVa sebanyak 2 unit, 5 unit UGB berkapasitas 250 hingga 400 kVA serta 12 genset berkapasitas 48 kW hingga 250 kW yang akan ditempatkan di masing masing venue STQ Nasional.

PLN juga memastikan ketersediaan pasokan listrik di Sofifi cukup. Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,8 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,1 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW. (HI)