Beranda Maluku Utara Ribuan Pencari Kerja Melamar di Job Fair

Ribuan Pencari Kerja Melamar di Job Fair

55
0
BAGIKAN

TERNATE – Jumlah total pelamar yang masuk dalam bursa job fair di Gedung Duafa Center, selama dua hari itu, sebanyak 1075 pelamar.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Ternate, Nuraini Nawawi mengatakan jumlah pelamar itu terdiri dari 1437 pendaftar pencari kerja.

“Jadi 1437 hanya mendaftar saja, tapi yang melamar 1075,” ujar dia.

Dari jumlah tersebut, pelamar yang paling banyak itu pada sektor pertambangan.

Untuk sektor pertambangan terdapat hanya dua perusahaan, yakni PT Harita dengan jumlah 81 pelamar dan PT Tempopress International Delivery dengan 200 pelamar. Selain itu ditambah juga dua perusahaan retail minimarket, namun belum diketahui jumlah pastinya, karena masih dalam rekap data.

“Dominasi pelamar ada di sektor pertambangan sama Indomaret dengan Alfamidi,” terang dia.

Meski pameran job fair telah berakhir hari, namun  para pencari kerja (Pencaker) masih bisa berhubungan langsung dengan pihak perusahaan yang membutuhkan pekerja.

Selain itu kata dia, jika ada pencaker yang tidak sempat hadir dalam job fair dan belum melakukan pendaftar, disarankan mendatangi kantor Disnaker Kota Ternate, agar bisa dibantu proses pelamaran.

“Namun hal ini berlaku selama pihak perusahaan masih membuka lowongan atau membutuhkan tenaga kerja,” elas dia.

Dia juga menambahkan, untuk memastikan hasil efektifitas bursa kerja, Disnaker akan meminta data pelamar yang berhasil diterima ke setiap perusahaan.

“Kami menunggu, yang mana sudah diterima sesuai standar, sehingga tidak ada lagi PHP (Pemberi harapan palsu), sehingga pencari kerja tidak lagi mengkomplain ke pada kami,” bebernya.

Ada pun kekurangan atau catatan selama penyelenggaraan job fair itu menyangkut tidak tersedia tenaga kerja pada bidang tertentu di Kota Ternate yang diinginkan perusahaan.

Dia mencontohkan seperti yang diminta sektor pertambangan untuk tenaga alat berat.

Menurut dia, demi memenuhi kebutuhan seperti itu, Balai Latihan Kerja (BLK) kedepannya sudah harus menyiapkan tenaga kerja tersebut. Pungkasnya

Perlu diketahui, seperti yang diberitakan sebelumnya terdapat 356 lowongan kerja yang terdiri dari 16 perusahaan dalam job fair yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Ternate. (RI)