Beranda Maluku Utara Angka Vaksinasi di Ternate Capai 43 Persen

Angka Vaksinasi di Ternate Capai 43 Persen

101
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Maradjabessy.

TERNATE – Angka Capaian Vaksinasi di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, hingga Oktober 2021 baru mencapai 43 persen dari target 73 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Maradjabessy kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Kesehatan menargetkan capaian vaksinasi sampai dengan Desember itu harus 73 persen tapi sekarang ini kita baru mencapai angka 43 persen.

“Kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot vaksinasi di Kota Ternate, tapi hingga Oktober 2021 ini, capaian vaksinasi baru mencapai 42 persen, meski demikian angka vaksinasi terus meningkat,” ungkap Kadis Kesehatan Senin 25/10.

Meski demikian, Kadinkes mengatakan akan melakukan evaluasi kepada puskesmas-puskesmas di kota Ternate, apa kendala sampai sampai saat ini angka vaksinasi belum mencapai target.

“Pencapaiannya masih 43%, nah ini masih jauh kalau kita upayakan di Desember 2021 dengan capaian 72%. nanti saya akan panggil Kepala Kepala Puskesmas untuk evaluasi, karena semua puskesmas di kota Ternate sudah melakukan vaksinasi tapi capaiannya baru 43 persen, sehingga kita cari tahu apa kendalanya,” jelas Kedinkes.

Selain itu, Nurbaity juga menjelaskan angka partisipasi vaksinasi di kalangan masyarakat kota Ternate diantaranya Lansia, Disabilitas, dan Remaja.

Untuk Lansia dan remaja sampai saat ini yang baru melakukan vaksinasi sebanyak 14 persen dan Disabilitas baru mencapai 2 persen.

“Lansia itu kita targetkan 9 ribu orang yang harus divaksin, tapi saat ini kita masih mencapai 14,8%, minimnya capaian vaksinasi pada lansia ini karena suatu hal yakni selalu terjadi komorbid,” tandanya. (HI)