Beranda Maluku Utara Sekprov Malut: Perawat Bagian Tak Terpisahkan Dalam Sistem Kesehatan

Sekprov Malut: Perawat Bagian Tak Terpisahkan Dalam Sistem Kesehatan

1391
0
BAGIKAN

TERNATE – Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Drs. Syamsudin A. Kadir, hadir pada pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Maluku Utara Periode 2022-2027 bertempat di Multi Function Poltekes Ternate, Sabtu (23/4/22).

Pelantikan pengurus DWP PPNI Maluku Utara oleh Bendahara Umum DPP PPNI Pusat Ardy, dengan surat keputusan No:057/DPP.PPNI/SK/K.S/III/2022.

Sekda dalam sambutan mengatakan, perawat adalah pasukan medis terdepan dalam penanganan kesehatan masyarakat, karena mereka bisa ditempatkan di mana saja dalam bidang apa saja, perawat merupakan profesi  dengan proporsi terbanyak serta tersebar ke seluruh Indonesia.

“Perawat berperan dalam mendidik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat serta tenaga kesehatan yang dibawah tanggung jawabnya. Peran perawat bukan hanya merawat pasien, tapi juga menjadi pemimpin komunitas, advokat, pendidik, sekaligus peneliti. Dengan demikian perawat merupakan bagian tak terpisahkan dalam sistem kesehatan yang tidak kalah pentingnya dibanding dokter maupun tenaga medis lainnya.” Urainya.

Perlu diketahui bahwa sebaran tenaga perawat di Maluku Utara tidak hanya di rumah sakit besar di kota namun sebarannya hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

“Bahkan perawat di desa selalu menjadi ujung tombak masyarakat. Ini membuktikan bahwa perawat adalah malaikat titipan tuhan yang harus dihargai profesinya.” Paparnya.

Sekda juga mengingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan, khususnya perawat yang bertugas melakukan pelayanaan kesehatan kepada masyarakat dan yang dibutuhkan oleh masyarakat kita  baik yang menjalani rawat inap atau rawat jalan sangat membutuhkan layanan prima.

“Saya minta agar dalam melaksanakan tugas di lapangan selalu memberikan perhatian dan kepedulian yang penuh kasih sayang kepada masyarakat, berikanlah layanan sesuai dengan ketentuan keperawatan dengan tetap mendengarkan setiap keluhan kesehatan yang diderita pasien.” Pintanya.

Dalam kesempatan itu juga Sekda tegaskan bahwa pengurus DWP PPNI Maluku Utara sebagai wadah pemersatu seleuruh anggota perawat Maluku Utara harus mampu memperhatikan setiap arah kebijakan dibidang kesehatan mapun peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh negara dan terus mengedukasi anggota sehingga pelayanan di lapangan benar-benar mendapat simpati masyarakat.

Sementara itu Bendahara Umum DPP PPNI Pusat, Ardy dalam sambutannya ia meminta kepada pengurus PPNI yang baru saja dilantik agar supaya selalu siap dalam memajukan organisasi dan selalu mengedepankan organisasi PPNI.

“Sebagai pengembang tentang peningkatan kompetensi untuk anggota, PPNI sudah banyak melakukan hal yakni seminar gratis, edukasi kesehatan kepada masyarakat.” Cetusnya.

Ia juga katakan bahwa PPNI sebagai organisasi kesehatan harus benar-benar berdiri di atas kaki sendiri. Dengan demikian, maka perawat adalah salah satu tenaga profesional yang strategis dan dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program kesehatan di Indonesia bahkan di Maluku Utara.” tutup Ardy. (Hms/HI)