Beranda Halmahera Utara Dukung Sektor Perikanan dan Kelautan, PLN Kini Hadirkan ALMA di Pelabuhan Feri...

Dukung Sektor Perikanan dan Kelautan, PLN Kini Hadirkan ALMA di Pelabuhan Feri Gorua Halmahera Utara

997
0
BAGIKAN

HALUT – PT PLN Persero terus berkomitmen untuk mendukung sektor perikanan dan kelautan, melalui kehadiran Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) sebagai bagian dari penggunaan energi bersih dan efisiensi operasional kapal di pelabuhan.

Kali ini, PLN menghadirkan ALMA di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Pelabuhan Feri Desa Gorua, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Dengan kehadiran ALMA di Halmahera Utara ini, total PLN telah hadirkan 20 ALMA di Maluku dan Maluku Utara.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo Maryudin Saleh, mengatakan kehadiran ALMA bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional kapal sandar rute Tobelo – Pulau Morotai di pelabuhan feri tersebut, khususnya di sisi efisiensi.

“Implementasi ALMA ini menjadi inovasi PLN dalam bidang Electrifying Marine. Melalui ALMA ini, para pelaku usaha transportasi kelautan dapat melakukan efisiensi di biaya operasionalnya, karena saat berlabuh di pelabuhan dengan mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik yang tentunya lebih bersih dan hemat,” ujar Maryudin.

Selain itu, ia mengatakan PLN UP3 Tobelo juga membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di pelabuhan feri tersebut. Ia mengatakan SPLU dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dan masyarakat dalam beraktivitas di pelabuhan.

“Sehingga kami akan memanjakan kebutuhan listrik pelanggan di Pelabuhan Feri Gorua ini dengan menghadirkan ALMA dan SPLU. Kapan pun, energi listrik tersedia untuk aktivitas masyatakat di Pelabuhan Feri Gorua”, tutup Maryudin. (Rls/HI)