Beranda Halmahera Utara Dorong Minat Baca Pelajar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut Gelar Lomba Literasi...

Dorong Minat Baca Pelajar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut Gelar Lomba Literasi Kepada Pelajar

220
0

HALUT– Guna mendorong dan menggairahkan anak-anak untuk lebih giat membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Lomba Literasi sekolah dengan mengusung tema Akselerasi Budaya Literasi menuju Maluku Utara Cerdas, yang dibuka Secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Muliadi Tutupoho yang juga saat ini sebagai peserta pelatihan kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan X PUSLATBANG KMP LAN Makassar tahun 2022 yang dipusatkan di pondok pesantren Al Khairaat Tobelo, Halmahera Utara, (31/08/22).

Kegiatan lomba Literasi ini adalah merupakan kegiatan dinas yang dirangkaikan dengan implementasi proyek perubahan PKN II dimaksud dengan menyelenggarakan lomba-lomba dimaksud yang pesertanya terdiri utusan dari 11 Sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA atau sederajat, dengan 3 mata lomba yaitu Lomba Cerita, dongeng dan Lomba Baca Puisi.

Selain Kepala Dinas Hadir pada kegiatan lomba hari ini juga dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Halmahera Utara yang juga sebagai Juri pada lomba tersebut, para Kepala Sekolah, dan Para Guru Pembimbing.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Muliadi Tutupoho meminta dukungan dan kerjasama dengan para kepala sekolah, dewan guru dan siswa untuk mendorong literasi siswa dengan mempromosikan Gerakan SIBUA LITERASI di Provinsi Maluku Utara. Muliadi juga mengharapkan adanya percepatan Budaya literasi menuju Maluku Utara cerdas. Maluku Utara Cerdas adalah Visi Misi Gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara, karena itu Lomba ini merupakan rangkaian dari Pra event Festival Literasi yang nanti dilaksanakan pada akhir bulan September di Sofifi.

“Lomba di Event Festival Literasi dimaksud akan di ikuti utusan dari 10 Kabupaten/kota dan jenis-jenis lombanya akan lebih dari apa yang kita laksanakan hari ini,” Ujar Muliadi.

Muliadi mengharapkan lomba ini adalah merupakan bagian terkecil dari bagaimana kita memacu minat dan budaya baca anak-anak itu sendiri. Nantinya akan ada lomba Baca Puisi, lomba Bertutur, lomba Cerita Dongeng dan masih banyak jenis lomba lain yang akan di gelar pada akhir September.

“Dengan lomba itu, maka anak-anak pasti belajar, anak-anak itu pasti menghafal, dan membaca. Dan juga lomba itu bisa mempertemukan dengan sekolah yang lain di seluruh Maluku Utara di satu kegiatan,” ujarnya.

Mantan juru bicara Gubernur Malut itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini belum bisa mengundang sekolah-sekolah yang lain karena keterbatasan waktu .

Muliadi juga berharap kepada para kepala sekolah, para pendamping, guru untuk anak-anak didiknya bahwa para penerima juara jangan melihat besaran angkanya dalam hadiah dimaksud.

“Kita lihat adalah bagaimana anak-anak itu sendiri punya semangat, punya jiwa untuk maju melalui proses belajar itu sendiri,” cetusnya.

Selain itu, Kadis juga sangat berterima kasih kepada para Guru yang mendampingi dan mendorong anak-anak untuk berkegiatan melalui lomba Literasi.

“Kenapa literasi itu penting karena klau mau menjadi orang  yang sukses itu punya semangat untuk berjuang untuk mendorong dirinya menjadi lebih Baik lagi,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, Kadisarpus Malut menyampaikan bahwa lomba-lomba seperti ini juga akan dilakukan di desa-desa karena pada saat workshop dengan para kepala desa beliau harapkan kepada para kepala desa agar bisa me laksanakan lomba-lomba seperti ini.

Perlu diketahui, Untuk Pemenang Lomba Literasi dengan Mata Lomba Cerita Dongeng tingkat Sekolah Dasar adalah Juara 1 atas nama La Ode Varend dari SD Islamiyah Tobelo, Juara 2 M. Nasrin Ilham Dai dari SD Alkhairat Tobelo, Juara 3 Nurul Aprilia dari SD Islamiyah Tobelo.

Sementara untuk Lomba Cerita Dongeng tingkat SMP Juara 1 Chayla CH. Onthoni dari SMP N. 1 Halut, Juara 2 Peter Dave Rompis dari SMP. N. 1 Halut, juara 3 Crizty Zefania Lahope dari SMP N 1 Halut.

Dan untuk lomba Baca Puisi Juara 1 Eugenia Edista Noky dari SMA N 1 Halut, Juara 2 Cut Farah Rahmat dari Madrasah Aliyah Alkhairat Tobelo, Juara 3 Rista Daniswar Adzra dari  Madrasyah Aliyah Alkhairat Tobelo. (Adpim/HI)