Beranda Maluku Utara Buka Rakor Stunting, Wagub Malut Ajak Seluruh Stakeholder Cegah Meningkatnya Jumlah...

Buka Rakor Stunting, Wagub Malut Ajak Seluruh Stakeholder Cegah Meningkatnya Jumlah Stunting

56
0
BAGIKAN

TERNATE – Wakil Gubernur Maluku Utara Ir.Al Yasin Ali.M.MT secara resmi membuka rapat koordinasi percepatan penurunan stunting Kota Ternate tahun 2022, bertempat di Jati Hotel, Senin (14/11).

Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hadirnya peraturan pemerintah yang dituangkan dalam peraturan Presiden No 7 tahun 2021 tentang percepatan penurunan angka stunting sudah sangat menghawatirkan, oleh karena itu diperlukan kerja sama, baik yang terstruktur dan masif untuk mengejar target pemerintah.

Penyelenggara Rakor dan pengukuhan TPPS Kota Ternate, tentunya ini membuktikan keseriusan dan kesungguhan dalam menyukseskan program pemerintah demi percrpatan menekan angka stunting secara nasional dan menjadi momentum dalam membangun komitmen, menyatukan presepsi merajuk kebersamaan untuk satu tujuan bersama.

Upaya ini kata Wagub, yakni bertujuan agar anak-anak indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetensi di tingkat global.

Tim percepatan penurunan stunting hadir untuk bekerja lebih cepat, menggunakan segala kapasitas yang dimiliki untuk melakukan pencegahan terhadap meningkatnya jumlah stunting. Pencegahan stunting harus dimulai dari hulu bukan pada hilir, fase hulu itu yakni prenatal atau sebelum kelahiran artiinya pemahaman dan pemenuhan asupan gizi pada semua ibu hamil harus terpenuhi sehingga dengan demikian diharapkan potensi melahirkan anak yang bebas stunting lebih besar,” harap Wagub.

Perlu juga digaris bawahi bahwa postur pendek pada anak balita belum tentu bisa dikatakan stunting, tapi anak yang stuning sudah pasti pendek, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi terutama air bersih.

“Marilah kita bersinergi membangun komitmen bersama dalam mencegah dan mengurangi angka stunting seabagi bagian dari ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan generasi handal penerus masa depan bangsa”.

Kegiatan itu juga dilanjutkan dengan pengukuhan TPPS Kota Ternate dan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh WakilGubernur Maluku Utara selaku ketua pelaksana TPPS Provinsi Maluku Utara.

Turut hadir dalam acara tersebut,  Walikota Ternate, Wakil Wali Kota Ternate, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Sekertaris Daerah Kota Ternate, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate, Tim TPPS Kota Ternate, serta seluruh Satgas Stunting. (Adpim/HI)