Beranda Maluku Utara Tenaga Ahli Pemkot Ternate Hadiri Indonesia Geopark Exhibition

Tenaga Ahli Pemkot Ternate Hadiri Indonesia Geopark Exhibition

3299
0

TERNATE – Dua orang tenaga Ahli di utus Pemerintah Kota Ternate melalui Bappelitbangda. Rosydan Arbi,S.T.,M.Eng  dan Abdul Kadir D.Arif S.T., M.Eng, memghadiri sosialisasi petunjuk teknis pengusulan, penetapan, pemantauan dan evaluasi Geopark Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Energi Sumberdaya Mineral – Pusat Survei Geologi Badan Geologi. Rabu (15/3/23).

Digelar di Auditorium Badan Pusat Geologi, Bandung, kegiatan ini adalah bentuk sosialisasi tentang pengusulan dan penetapan geopark nasional. Oleh karena itu, sebagai Aspiring Geopark Nasional kehadiran Kota Ternate menjadi sangat penting pada kegiatan ini guna mengetahui serta membangun jejaring dengan geopark nasional maupun internasional yang ada di Indonesia.

Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Dan Ekraf – Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Dr. Ir. Sugeng Mujiyanto, M.Sc., M.Env.Eng.Sc., Dewan Pakar Geopark Indonesia, dan Bappenas – RAN Geopark Indonesia.

Kepala Pusat Survey Geologi Dr. Ir. Djadjang Sukarna  menyampaikan bahwa kegiatan ini di buat agar lebih mempermudah daerah daerah pada saat pengusulan dan sampai evaluasi geopark.

Sementara itu, Abdul Kadir D Arif, ST.,M.Eng. ketua IAGI sekaligus Tenaga Ahli Wali Kota Ternate Bidang Geologi saat diwawancara mengatakan, saat ini Ternate sudah pada tahap Aspiring Geopark Nasional, dan di bulan April akan ada verifikasi situs warisan geologi oleh tim verifikasi warisan geologi dan geopark nasional.

“Di tahun 2023 juga Ternate akan menyusun rencana induk geopark nasional yang di fasilitasi bappelitbangda ternate serta pendampingan teknis oleh RAN – Bappenas,” jelas Abdul Kadir.

Ia juga menambahkan, kehadiran mereka bertujuan agar nantinya bisa membantu Kota Ternate dalam merumuskan rencana induk yang sedang sementara disiapkan. (TA)