Beranda Maluku Utara Wakili Gubernur Malut, Asisten III Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kie...

Wakili Gubernur Malut, Asisten III Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kie Raha 2023

3877
0

TERNATE – Mewakili Gubernur Maluku Utara, Asisiten III bidang Perekonomiaan dan Administrasi pembangunan, Asrul Gailea.SE hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kie Raha 2023, bertempat di Lapangan Perikanan Nusantara Bastiong, Senin (17/4/23)

Apel Gelar Pasukan Ketupat Kie Raha 2023 dipimpin secara langsung oleh Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K. yang didampingi oleh Forkopimda Malut, Wakapolda, para Pati dan Pamen di lingkup Polda Malut, Unsur Pejabat Korem 152/Baabullah, Jasa Raharja, Pertamina, Pejabat dilingkup Pemkot Ternate.

Dalam sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolda Maluku Utara, bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergitas polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1444 H.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pramuka, serta mitra Kambtimas lainya, yang akan dilakukan selama 14 hari sejak tanggal 18 April – 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10- 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2- 9 Mei 2023,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia katakan, bahwa demi kelancaran arus mudik dan balik, maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beropersi. seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting. Kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri sehingga mempermudah proses pemeriksaan.

Jenderal Bintang Dua tesebut berharap, Dalam operasi ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan kelancaran Hari Raya Idul Fitrih 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang aman dan berkesan” begitu pula pada saat arus balik, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Yakni yang pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi sebagai mana harapan masayrakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung tugas secara optimal.

Ke empat, berbagai langkah-langka yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan melalui iklan masyarakat.

Ke enam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupaka kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Hadir sebagi peserta apel, yakni jajaran personil gabungan TNI-Polri, Basarnas, BPBD, Dishub, Dinkes, Satpol PP dan Pramuka. (Adpim/ZM)