Beranda Maluku Utara Pemprov Malut Dukung Pembentukan KDEKS di Malut

Pemprov Malut Dukung Pembentukan KDEKS di Malut

4269
0
BAGIKAN

TERNATE – Pemerintah Provinsi Maluku Utara mendukung pembentukan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah di Provinsi Maluku Utara. Hal ini setelah rapat bersama dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Sekretariat Wakil Presiden dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs. Samsuddin Adbul Kadir, M.Si di Kediaman Gubernur, Selasa (2/5/23).

Dalam rapat tersebut Sekprov menyambut baik keberadaan KDEKS di Malut mengingat dalam waktu dekat Wakil Presiden RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku Utara sehingga semangat dan komitmen pemprov untuk mendukung program stretegis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah daerah khususnya melalui dukungan kelembagaan KDEKS di Maluku Utara.

Samsuddin kemudian menyampaikan kesiapan dokumen terkait SK pembentukan KDEKS hanya saja belum ditanda tangani oleh gubenrur.

“Saat ini SKnya sudah diparaf semua tinggal di tandatangani oleh Gubernur”, ucapnya.

Selain itu, Samsuddin juga mengatakan sesuai permintaan gubernur agar kedatangan Wapres ke Malut nanti agenda pengukuhan komite dapat dilakukan di Masjid Raya Shaful Khairaat di Sofifi.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi sesuatu yang sangat penting terutama memberikan kontribusi kepada masyarakat di Maluku Utara”, cetusnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Manajemen Eksekutif KNEKS, Sutan Amir Hidayat, mengatakan, berdasarkan arahan dari Wakil Presiden sebagai ketua harian KNEKS dan KDEKS agar terbentuknya KDEKS di 26 Provinsi yang dianggap memiliki potensi pengembangan ekonomi syariah dan salah satunya adalah Maluku Utara.

“Insya Allah kunjungan Wapres pada tanggal 10-12 Mei ini langsung bisa dilakukan pengukuhan KDEKS”, ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi potensi ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang memiliki potensi alam yang luar biasa, baik untuk Pariwisata Ramah Muslim, ketahanan pangan dan sangat kondusif untuk pertumbuhan UMKM. Selain itu juga potensi sebagai pusat Pendidikan di wilayah timur khususnya pendidikan Agama, seperti pesantren.

Tentunya diantara potensi yang dimiliki perlu kita kembangkan bersama dengan sinergi dan kolaborasi yang solid melalui Pembentukan KDEKS, baik antara OPD Pemerintah Provinsi Maluku Utara, serta kantor vertikal Anggota KNEKS yaitu Bank Indonesia, OJK, Kanwil Kemenag, MUI, KADIN, Asosiasi Akademisi dan praktisi.

Pada rapat ini juga turut di hadiri oleh Asisten deputi Sekretariat Wakil Presiden RI, Ahmad Lutfi, Aissten II Setda Malut, Sri Haryanti Hatari, Pimpinan OPD dan instansi vertikal terkait lainnya. (Adpim/ZM).