Beranda Maluku Utara Pemprov Malut Jemput Empat Warga Korban Konflik Sudan

Pemprov Malut Jemput Empat Warga Korban Konflik Sudan

4302
0

TERNATE – Empat warga Maluku Utara korban konflik internal di negara Sudan yang dievakuasi pemerintah pusat melalui KBRI dijemput jajaran Kantor Penghubung Maluku Utara di Jakarta dan dipulangkan dengan maskapai penerbangan Garuda Air.

Kedatangan empat warga Malut dijemput Asisten II Setda provinsi Maluku Utara Sri Hartati Hatari atas nama Gubernur Maluku Utara di Bandara Babullah Ternate, Sabtu, 06/05/23.

Asisten II Setda provinsi Maluku Utara Sri Hartati Hatari mengatakan empat warga Malut yang dijemput yakni Muhammad Rasyid Ridha Mas, Nur Adilah Muhammad Kasuba, Khalifah Putri Andini dan Muhammad Husen Ghiyath Maswara.

Penjemputan ini merupakan tindak lanjut arahan presiden RI melalui Menteri Luar Negeri Republik Indonesia agar warga Indonesia yang telah kembali ke Indonesia dapat langsung dijemput oleh masing-masing pemerintah daerah dan mengembalikan mereka ke keluarga.

“Proses penyerahan Empat warga Malut dari pemerintah provinsi Maluku Utara ke pemerintah kota Ternate dan pemerintahan kabupaten Halmahera Selatan dilaksanakan di VIP bandara Babullah,” ungkap Sri.

Oleh karena itu, sebagai ungkapan terima kasih, Gubernur Maluku Utara melalui asisten II menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri luar Negeri Retno L.B. Marsudi yang telah mengambil sikap cepat menyelamatkan empat orang warga Malut.

Ia berharap agar selalu mengikuti perkembangan situasi negara Sudan sampai membaik sebelum kembali melanjutkan pendidikan di negeri tersebut.

Ikut mendampingi asisten II, Walikota Ternate M.Tauhid Soleman, Wakil Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba, Kepala Badan Penghubung Maluku Utara K.R.N.S. Lestari dan Kepala Biro Adpim Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba.(Adpim/ZM).