Beranda Maluku Utara Milad BAZNAS ke-23 dan Doa Untuk Almarhum Dr Burhan Abdurahman

Milad BAZNAS ke-23 dan Doa Untuk Almarhum Dr Burhan Abdurahman

55
0

TERNATE – Milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke 23 tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi,  hari ini Rabu (24/01/24) digelar di aula Baabullah kantor Wali Kota Ternate.

Dihadiri Wali Kota Ternate  Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si., Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM, Forkopimda  Kota Ternate, Kepala Kemenag Kota Ternate H. Salmin Abd Kadir, Jajaran Baznas Kota Ternate dan sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota mengatakan Baznas dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden  No. 8 Tahun 2001, sehingga tepat pada 17 Januari lalu Baznas sudah berusia 23 Tahun.

Menurutnya zakat merupakan obat penenang sekaligus pengaman dalam berkehidupan saat ini. Zakat bukan hanya tentang akidah namun juga meliputi persoalan kemanusiaan. Beliau berpendapat bahwa kita bisa saja beda secara akidah namun kita perlu sama dalam perasaan kemanusiaan.

“Jika berbicara tentang Milad Baznas maka tentu kita membicarakan awal mula pembentukannya, ada 1 (satu) sosok tokoh masyarakat yang tidak bisa terlepas dari perjalanan Baznas di Kota Ternate, beliau adalah mantan Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MH. karena beliau adalah salah satu sosok yang mengawali pembentukan BAZDA (Badan Amil Zakat Daerah) di Kota Ternate, untuk itu saya mengajak kita semua untuk mengirimkan Alfatiha kepada beliau agar dilapangkan alam kuburnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi Allah SWT,” ajak Wali Kota.

Seketika seluruh tamu undangan yang hadir mengumandangkan Alfatiha untuk Almarhum Dr. H. Burhan Abdurahman.

Selanjutnya dijelaskan Wali Kota  bahwa saat itu sudah ada Keputusan Presiden No. 8 Tahun 2001 tentang Baznas, namun di Kota Ternate saat itu belum ada inisiasi secara organisir untuk membentuk Baznas atau Bazda.

“Setelah Almarhum Dr. H Burhan Abdurahman menjadi Wali Kota Ternate barulah kemudian direalisasikan dan saat itu diketuai oleh H. Sudin Robo,” jelasnya.

Wali Kota  juga mengapresiasi BAZNAS Kota Ternate yang sejak pembentukan hingga saat ini Baznas sudah bekerja luar biasa.

“Mudah-mudahan dengan ikhtiar kita dalam mendeklarasikan Ternate sebagai Kota Zakat, Ternate bisa terhindar dari segala ancaman bencana yang kemungkinan bisa terjadi,” harapnya.

Milad Baznas yang ke-23 kali ini juga dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng, penyerahan penghargaan atau award serta bantuan kepada para penerima manfaat.

Penghargaan yang diberikan diantaranya, Penghargaan  terhadap Pemerintah Kota Ternate atas dukungan penuh kepada Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) yang diterima langsung oleh Wali Kota Ternate, penghargaan terhadap Pelopor Baznas Kota Ternate, Penghargaan kepada OPD dengan konstribusi zakat terbanyak, Penghargaan kepada Mitra Baznas Kota Ternate, Penghargaan terhadap Muzakki Teladan, Penghargaan terhadap Infaq/Sedekah terbanyak di tingkat SD, SMP dan SMK.

Wali Kota Ternate juga melakukan launching Ojek ONDE (Online Driver to Deliver) serta menyerahkan bantuan yang diserahkan kepada sejumlah Panti Asuhan di Kota Ternate, bantuan kursi roda kepada disabilitas dan Rumah Layak Huni. (TM)