Beranda Hukrim Penerimaan Anggota Polisi Secara Terbuka dan Transparan

Penerimaan Anggota Polisi Secara Terbuka dan Transparan

410
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Kepolisian Daerah Polda Maluku Utara, Selasa (21/2) bertempat di ruang rupatama, menggelar video conference dengan Mabes Polri untuk membahas penerimaan calon siswa Polri tahun 2017.

Video conference Mabes Polri dengan seluruh Polda di Indonesia termasuk Polda Maluku Utara, diikuti pajabat utama Polda Maluku Utara dan awak media.

Ketua panitia penerimaan Polri di Polda Malut, Kombes Pol Ichsan Amin mengatakan untuk penerimaan calon Polri 2017 akan dilaksanakan pada bulan Maret 2017.

Ichan menambahkan penerimaan untuk siswa baik Secaba, Akpol dan Tamtama ini akan dilaksanakan secara bergulir. Untuk pola penerimaan tahun ini masih mirip dengan tahun lalu, namun ada beberapa penekanan dari pimpinan agar betul-betul clean dan clear serta bertanggung jawab.

Menurut Ichsan untuk putra daerah sudah ditentukan, namun hal ini masih akan tetap dilihat dari kualitas calon masing-masing.

“Ini bukan koleksi tapi ini seleksi. Makanya kita akan melakukan penerimaan sesuai dengan sistem penerimaan secara terbuka dan transparan dan untuk putra daerah kalau memang tidak lulus maka itulah hasilnya,” ungkapnya.

Ichan juga menyampaikan, untuk jumlah kuota di Polda Malut juga masih belum ditentukan dan penentuan itu akan ditentukan oleh Mabes Polri.

“Kuota itu tergantung dari kuota animo dan sangat tergantung dari berapa yang mendaftar. Jadi itu ada hitung-hitunganya di Mabes yang jelas jumlah kuota kita ini berbeda dengan kuota di Jawa dan daerah lain,” akunya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi oknum yang coba-coba melakukan pelanggaran seperti main uang, Polda Maluku Utara juga akan juga akan menyiapkan pengawasan internal dan dan eksternal. Sebagaimana yang telah ditekankan langsung oleh Kapolri melalui Karo Paminal.

“Kalau internal kita ada Propam dan Itwasda, eksternalnya ada dari LSM dan juga teman-teman wartawan,” ucapnya.

Ichsan juga optimis, dalam penerimaan calon Polri diwilayah Polda Maluku Utara ini, akan tetap bejalan dengan baik seperti dengan tahun sebelumnya. “Saya bisa pastikan, saya sudah dua tahun di sini, buktinya tahun lalu aman saja kan,” akunya.

Dalam video conference yang dilaksanakan Mabes Polri itu, dan diikuti pada seluruh Polda termasuk Polda Maluku Utara. Selain mengikuti video conference juga dilakukan pengambilan sumpah bagi para panitia penerimaan Polri di wilayah Polda Maluku Utara. (HI)