Beranda Maluku Utara Ini Dukungan Pemkot Ternate Agar Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

Ini Dukungan Pemkot Ternate Agar Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

402
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ternate Burhanuddin Abdul Kadir. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate terus melakukan upaya untuk mendorong Sultan Baabullah menjadi pahlawan nasional. Pemkot Ternate  mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 422.000.000 yang bersumber dari APBD Kota Ternate tahun 2020.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ternate Burhanuddin Abdul Kadir saat diwawancarai, Selasa (21/1/2020) menyebutkan sejak awal anggaran untuk pengusulan Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional yakni sebesar Rp 170 juta, kemudian ditambahkan lagi dengan penyusunan penelitian sebesar Rp 30 juta yang sekaligus ditambah dengan biaya konsumsi.

Sedangkan anggaran untuk perjalanan ke Portugal dan Inggris, Burhanuddin mengaku dengan estimasi anggaran sebesar Rp 422 juta yang ditambah dengan estimasi anggaran sebesar Rp 147.600.000.

Burhanudin menambahkan, bahwa untuk pengambilan dokumen fisik di Portugal dan Inggris menjadi salah satu persyaratan untuk memenuhi pengusulan Baabullah menjadi pahlawan nasional. Dokumen yang dimaksud itu, misalnya surat Babullah ke Raja Inggris dan Portugal, kemudian perjuangan Sultan Babullah tercatat di Inggris dan Portugal itu menjadi dokumen dasar bagi mereka bahwa Sultan Baabullah telah berjuang untuk mengusir Portugis dari Ternate.

“Jadi total anggaran sebesar Rp. 422.600.000 (empat ratus dua puluh dua juta enam ratus ribuh rupiah) sudah termasuk semua mulai dari penyusunan naskah akademik, kemudian perjalanan ke Portugal dan Inggris, kemudian biaya akomodasi lainnya termasuk pengeditan dan lain-lainnya itu,” singkatnya.

Sultan Baabullah (10 Februari 1528 – permulaan 1583), juga ditulis Sultan Babullah atau Sultan Baab (tulisan Eropa) adalah sultan dan penguasa Kesultanan Ternate ke-24 yang berkuasa antara tahun 1570 – 1583.

Ia dikenal sebagai Sultan Ternate terbesar sepanjang sejarah, yang berhasil mengalahkan Portugis dan mengantarkan Ternate ke puncak keemasan di akhir abad ke-16. Sultan Baabullah juga dijuluki sebagai penguasa 72 pulau berpenghuni yang meliputi pulau–pulau di nusantara bagian timur, Mindanao selatan dan kepulauan Marshall (Sumber Wikipedia). (NN)