Beranda Halmahera Barat Barifola Bangun Dua Rumah di Halmahera Barat

Barifola Bangun Dua Rumah di Halmahera Barat

513
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Barifola   Kamis (13/4/2017) membangun dua unit rumah di desa Galala kecamatan Jailolo. Rumah tersebut adalah milik keluarga Dumade Abdullah dan rumah milik keluarga Syfried Butje Ory di desa Akelamo, kecamatan Sahu Timur.

Kedua rumah yang dibangun IKT Maluku Utara melalui Barifola itu, adalah rumah ke 182 dan 183.

Koordinator Barifola, Samsul Hi. Ibrahim dalam sambutannya pada acara penyerahan kunci rumah mengatakan, pekerjaan dua rumah ini dilakukan selama 7 hari, yang dikerjakan sebanyak 37 orang anggota Barifola.

“Tukang kami siap membantu masyarakat, meskipun tanpa digaji, dan pekerjaan rumah ini tidak menggunakan APBD maupun APBN. Tapi menggunakan anggaran dari angota IKT,” jelasnya.

Sementara pemilik rumah yang direnovasi Syfried Butje Ory yang diwakili anaknya, Nova Ory menyampaikan, ucapan terima kepada Tuhan, karena Tuhan telah mengerakan hati umat untuk membantu keluarga yang tidak mampu. “Kami juga berterima kasih kepada bapak Haji Bur, karena telah memiliki hati yang sangat baik, sehingga telah memberikan orangtua kami rumah,” ucapnya.

Bupati Halmahera Barat (Halbar), Dani Missy dalam sambutannya mengatakan, program Barifola masuk di Halbar, berawal saat dirinya bertemu dengan Ketua IKT Malut Burhan Abdurahman di Jakarta, lalu diceritakan soal Barifola.

Untuk itu, kata dia, dirinya tertarik dan mengiginkan Barifola masuk di Halbar. “Saya bilang sama pak Bur, bisa atau tidak masyarakat saya disentuh dengan Barifola dan akhirnya terealisasi hari ini,” ujarnya.

Diakui, sebagai bupati yang baru memimpin 1 tahun lebih belum bisa berbuat apa-apa. “Kami sangat mengapresiasi dengan program ini, maka kami akan dorong, karena kalau kami bentuk baru tidak perlu, sebab ini sudah ada,” katanya.

Dikatakannya, ini kegiatan sangat baik dan mulia, serta mengigatkan pada zaman dulu yaitu semangat gotong royong. “Sekarang sudah mulai hilang. Untuk itu, Pemda Halbar akan meningkatkan kembali semangat gotong royong,” terangnya.

“Sebagai pemerintah kita berharap, kehidupan sosial itu tetap dijaga, yakni semangat gotong royong,” tuturnya.

Ketua IKT, Burhan Abdurahman menambahkan, Barifola sudah menyentuh ke masyarakat, karena Barifola bukan lagi untuk orang Tidore. “Barifola bukan lagi untuk orang Tidore, melainkan Barifola untuk kemanusiaan. Artinya, Barifola tidak lagi memandang agama, suku maupun etnis. Barifola sudah mengerjakan rumah semua etnis dan agama, dan semua suku di Malut telah disentuh. Bahkan di luar dari Malut,” ujarnya.

Sementara itu,  Ketua IKT Malut Burhan Abdurahman, didampingi Bupati Halbar Dany Missy dan Sultan Tidore Husain Sjah, saat menyerahkan kunci rumah kepada keluarga Dumade Abdullah. (ben)