Beranda Advetorial Curah Hujan Tinggi, Bupati Instruksikan Semua Instansi Siaga

Curah Hujan Tinggi, Bupati Instruksikan Semua Instansi Siaga

455
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-Labuha, Bupati Halmahera Selatan langsung menginstruksikan kepada seluruh SKPD agar ikut memantau perkembangan yang terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini di Kabupaten Halmahera Selatan, menyusul putusnya jembatan penghubung akibat banjir.

Instruksi tersebut, disampaikan kepada Dinas BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, dan RSUD, Camat dan Kepala Desa, agar melakukan pemantauan dan kesiapan 1 X 24 jam atas kondisi curah hujan yang cukup tinggi.

“Ini dilakukan karena ada beberapa sungai kita rawan banjir dan longsor,” ujarnya saat turun memantau sejumlah sungai dan jembatan yang rusak di landa banjir.

Lanjut dia, kegiatan pemantaian tersebut juga wajib hukumnya disampaikan atau dikoordinsikan kepada pihak terkait yakni TNI dan Polri untuk sama-sama saling membantu.
“Koordinasi ini agar bisa secepatnya bertindak menyelamatkan dan mengevakuasi nyawa dan barang atas segala sesuatu yang terjadi pada masyarakat,” jelasnya.

Koordinasi lintas sektoral wajib dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat atas kondisi cuaca yang tidak bersahabat intens dilakukan agar terbangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.(Raja)