Beranda Halmahera Selatan Kementerian Pariwisata Target WIFT Masuk Kalender Nasional

Kementerian Pariwisata Target WIFT Masuk Kalender Nasional

360
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-Jakarta, Rencana digelarnya perhelatan akbar, Widi Internasional Festival Tournament (WIFT) pada bulan oktober nanti, di Kabupaten Halmahera Selatan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat.

Hal tersebut dibuktikan dengan masuknya WIFT dalam kalender tahunan event wisata nasional, di pemerintah pusat.
Sekretaris Kementerian (Sesmen) Kemaritiman, dan Deputi Bidang Pariwisata, mengatakan hal tersebut saat Lounching Widi Internasional Festival Tournament di Hotel Grand Mercury, Menteng Jakarta Pusat.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Dalam Negeri, dan instansi terkait untuk sesegera mungkin menyiapkan segala sesuatunya,” ungkapnya.

Lanjutnya, Hal ini dilakukan supaya festival ini lebih dikenal oleh dunia internasional, dan makin banyak investor kelas dunia yang tertarik dan mulai mempromosikannya. Idealnya, menurutnya, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan mengagendakan sejumlah event wisata dalam setahun. Separuh di antaranya berlevel internasional.

“Banyaknya acara bertaraf internasional sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan industri pariwisata, yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian Kabupaten Halsel”, jelasnya.
Selain itu, kata dia, ini juga menyarankan Pemkab Halsel untuk merangkul pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama kerajinan dan barang kreatif sebagai upaya mengidentifikasi ciri khas daerah.
“Pemkab harus kreatif dan inovatif menggelar acara-acara seperti festival mancing sendiri, dan lomba-lomba lainya yang tidak kalah penting,” tutupnya.

Kabupaten Halmahera Selatan sendiri terkenal dengan hasil laut yang melimpah. Selain itu, tak kalah menarik, banyak aset wisata di Kabupaten Halmahera Selatan yang masih perlu di ekplore untuk menjadikan daerah tersebut sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan baik mancanegara maupun domestik. (Raja)