Beranda Maluku Utara Listrik 24 Jam Untuk Warga Hiri dan Moti

Listrik 24 Jam Untuk Warga Hiri dan Moti

539
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-Ternate, Warga Kecamatan Pulau Hiri dan Kecamatan Moti Kota Ternate akhirnya dapat menikmati fasilitas listrik selama 24 jam.

Peresmian operasi listrik 24 jam tersebut dilakukan PLN (Persero) Area Ternate bersama Pemkot Ternate pada Selasa pagi (13/6/2017).

Peresmian itu dilakukan oleh Sekertaris Daerah Kota Ternate M. Tauhid Soleman, General Manager PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Indradi Setiawan, Kepala PLN area Ternate Awat Tuhuloula hadir juga Kepala Kantor Pelayanan Hiri, Arbi Muhammad. Peresmian itu di pusatkan di Kelurahan Faudu Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate.

Menurut GM PLN Maluku & Maluku Utara, Indradi Setiawan, upaya pihaknya menyediakan listrik di wilayah Maluku dan Maluku Utara memang cukup berat. Hal tersebut dikarenakan jarak dan medan yang cukup jauh. Namun pihaknya berupaya semaksimal mungkin, agar pelayanan listrik dapat dinikmati oleh warga.

“Kami harus kelola dengan baik, dan tanpa dukungan masyarakat dan pemerintah setempat rasanya semuanya sangat mustahil kami dapat menjalankan operasi ini dengan baik,” ucapnya.

Indradi juga mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi rencana pola operasi 24 jam sejak tanggal 22 Mei 2017.

“Alhamdulillah mulai hari ini, masyarakat di Pulau Hiri sudah dapat menikmati listrik 24 jam, termasuk penambahan jenset cadangan 100 KW  guna menunjang pasokan listrik di Pulau Hiri,” jelasnya.

Sementara itu Sekot Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, pembangunan instalasi listrik di Pulau Hiri di mulai sejak tahun 2014, dan mulai beroperasi pada tahun 2015 dengan pola operasi 12 jam. Namun dengan kerja sama semua pihak, listrik di Pulau Hiri bisa beroperasi 24 jam.

“Saya meminta agar masyarakat ikut menjaga fasilitas ini karena aset ini milik masyarakat Hiri, Pemkot juga akan memperluas area PLN ini sehingga lebih representatif,” ucapnya.

“Bila listrik telah beroperasi 24 jam, saya berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus bisa menarik investor untuk bisa berinvestasi di Pulau Hiri, karena selain potensi perikanan dan perkebunan, Hiri juga memiliki potensi pariwisata yang tak kalah bagusnya dengan daerah lain,” tutupnya.

Peresmian listrik 24 jam ini dirangkaikan dengan pembagian sembako untuk fakir miskin, santunan untuk anak yatim dan santunan untuk guru ngaji TPQ.

Pola Listrik 24 jam yang diberlakukan di kecamatan Hiri dan Moti, merupakan upaya PT PLN bersama Pemerintah Kota Ternate dalam meningkatkan pelayanan sistem kelistrikan pada sejumlah pulau di luar Kota Ternate. (aba)