Beranda Maluku Utara Korban Banjir Dapat Bantuan

Korban Banjir Dapat Bantuan

401
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-TIDORE, Walikota Tidore Kepulauan (Tikep) Ali Ibrahim, Minggu (18/06/17), Melakukan kunjungan ke Kecamatan Oba. Kunjungan Walikota untuk melihat langsung keadaan korban banjir, di tujuh desa dan satu kelurahan Kota Tidore Kepulauan.

Kunjungan Walikota didampingi Pimpinan Forum Komunikasi Daerah (Forkompimda) yakni Dandim 1505 Tidore, Letkol Inf Harrisal, Kapolres Tidore AKBP Azhari Juanda, Ketua TP PKK kota Tidore dan beberapa SKPD yakni Kadis Sosial Amir Gorotomole, Kepala BPBD Iqbal Jaipono, Kadis Kesehatan Abdullah Maradjabessy.

Walikota yang tiba di lokasi kejadian langsung memerintahkan Kepala BPBD Kota Tidore, Ikbal Jaipono untuk melakukan pendataan kerugian materil milik warga dari korban banjir serta memberikan bantuan kemanusiaan berupa 1000 dus mie instan dan air minum yang telah dibagikan secara langsung oleh Walikota Tikep kepada masing-masing kepala keluarga (KK) korban banjir.

Walikota juga meminta kepada warga untuk membebaskan lahan mereka sebagai upaya dukungan terhadap pemerintah dalam rangka pembuatan aliran sungai agar kedepan tidak lagi mengalami musibah banjir.

Data yang dihimpun dari, Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore, Rumah yang terendam banjir sabtu (17/06/17) kemarin berjumlah 685 rumah, yang terdiri dari, Desa Yehu 70 rumah, Desa Lola 28 rumah, Desa Tului 103 rumah, Desa Bale 65 rumah, Desa Trans Koli 186 rumah, Desa Kosa 122 rumah, Desa Trans Kosa 94 rumah dan Kelurahan Payahe 15 rumah.

Sementara itu warga yang terkena dampak bencana banjir meminta kepada Walikota Tikep untuk melakukan normalisasi sungai yang mana sungai di wilayah tersebut tidak mampu menahan volume debit air sehingga apa bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi iar dapat meluap hingga kepemukiman warga.

Sungai yang diminta untuk normalisasi adalah Sungai Kayu Laka yang berada di belakang Desa Koli dan Kali Kosa. Walikota yang di dampingi rombongan Forkopimda Kota Tikep, juga menyempatkan untuk meninjau jembatan putus yang berada di Desa Kususinopa sebab jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Oba Selatan dan Kecamatan Oba.(HI)