Beranda Maluku Utara 184 UKM dapat Bantuan Dari Walikota Ternate

184 UKM dapat Bantuan Dari Walikota Ternate

706
0
BAGIKAN

TERNATE – Walikota Ternate, Dr H Burhan Abdurahman, Selasa, (3/10/2017), menyerahkan bantuan kepada 184 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di 9 kelurahan, se-Kecamatan Ternate Tengah, bertempat di aula Kantor Camat Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Penyerahan bantuan untuk UKM yang bersumber dari Dana Pengelola Pembangunan Kelurahan (DPPK) tahun anggaran 2017 itu, dihadiri oleh seluruh Lurah se-Kecamatan Ternate Tengah serta para pelaku UKM pada 15 Kelurahan di wilayah Ternate Tengah.

Wali Kota Ternate, Dr H Burhan Abdurahman, kepada sejumlah wartawan, usai menyerahkan bantuan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, terus melakukan upaya-upaya pengembangan pelaku UKM/IKM di kota Ternate sebagai implementasi visi misi pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Menurut wali kota, anggaran bantuan DPK ini sudah digulirkan sejak tahun 2010 dengan anggaran sekitar Rp 500 juta. Anggaran ini, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dan tahun 2017 ini, anggaran DPPK mencapai Rp 12 milyar yang dibagi pada 7 Kecamatan di Kota Ternate.

“Pada tahun 2017, anggaran DPPK mencapai Rp 12 miliyar yang dibagi ke 77 Kelurahan di Ternate, termasuk Hiri, Batang Dua dan Moti, dengan jumlah anggaran berdasarkan kriteria misalnya jumlah penduduk, luas wilayah dan lain-lain,” kata walikota.

Semangat untuk mengembangkan pelaku UKM/IKM, kata walikota, anggaran DPPK mulai beberapa tahun terakhir, tidak lagi diarahkan pada pembangunan fisik, namun juga menyasar pelaku UKM/IKM, untuk memberikan motivasi bagi masyarakat untuk mengembangkan pelaku industri rumah tangga.

“Pada dasarnya, dana DPPK ini, disalurkan ke Kelurahan dengan tujuan untuk kegiatan pembangunan fisik, juga non fisik. Nah non fisik ini, salah satunyq, mendorong berkembangnya pelaku usaha rumah tangga,” kata walikota.

Pada kesempatan tersebut, Walikota juga meminta aparatur kelurahan harus mengetahui potensi di kelurahan, termasuk potensi IKM/UKM, “Sehingga pembinaan IKM/UKM itu, di level pertama itu dengan lurah, dan jika berkembang, maka pembinaanya ke Dinas Perindag,” ujarnya.

“Di tahun depan, Saya berharap, dengan bantuan ini, ada peningkatan produksi dari para pelaku usaha rumah tangga yang ada di Kota Ternate. Tahun depan, kita siapkan anggaran untuk para pelaku usaha IKM/UKM yang bersumber dari Perindag, jadi di luar DPPK juga ada ada anggaran dari Perindag,” ungkap walikota. (Humas Pemkot Ternate)