Beranda Halmahera Selatan Dinkes Gelar Pertemuan Pra Survei Akreditasi

Dinkes Gelar Pertemuan Pra Survei Akreditasi

575
0
BAGIKAN

LABUHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar kegiatan pertemuan Pra Survei Akreditasi Puskesmas Labuha, Rabu (13/12/2017) di Taman Wisata Saruma Canga Matau.

Dalam sambutan Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Selatan Iswan Hasjim, meminta agar Dinas Kesehatan dapat lebih meningkatkan Pembangunan di bidang kesehatan diantaranya mutu pelayanan kesehatan. Hal itu bisa tercapai melalui proses Akreditasi.

”Kita akan terus berupaya untuk memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakatnya, hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan Pemerintah Daerah pada 2021 menuju Halsel Sehat, ” ujar Wabup.
Iswan menjelaskan bahwa Pemda Halsel selama ini bersungguh-sungguh akan memperhatikan pelayanan dasar kesehatan masyarakat hingga dipelosok desa terpencil yang dikenal dengan pelayanan kesehatan gratis.

“Dengan adanya tim survei akreditasi ini, maka secara tidak langsung kami pemerintah daerah khususnya Puskesmas dapat banyak belajar terkait dengan pelayanan kesehatan masyarakat serta berbagai persoalan yang belum disempurnakan selama ini,” ungkap Iswan kepada Ketua Tim Surveior dr.Nanang.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Halsel dr.Juri Hendrajadi, dalam laporannya menyampaikan tujuan akreditasi adalah peningkatan mutu pelayanan puskesmas guna kepuasan masyarakat.
Dijelaskannya bahwa akreditasi Puskesmas adalah pengakuan yang diberikan lembaga independent penyelenggara yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, hal itu sesuai Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, tentang akreditasi Puskesmas.
”Untuk tahun anggaran 2018 mendatang di rencanakan akan di lakukan Akreditasi terhadap 9 Puskesmas dan ini akan terus kita lakukan agar mutu dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan dapat tercapai, ” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri juga Ketua Tim Surveior Akreditasi asal Jawa Timur dr. Nanang Sugianto, MMRS, Anggota Tim Surveior Radajagau,SKM,M.Kes asal Maluku Utara (Malut), Anggota Tim Surveior Chalid Abd. Halek, SKM asal Malut, Ketua Komisi I DPRD Halsel, Kepala Puskesmas Labuha, serta para pendamping survey. (Raja)