Beranda Halmahera Barat Polres Halbar Tatap Muka Tokoh Agama Islam

Polres Halbar Tatap Muka Tokoh Agama Islam

588
0
BAGIKAN

JAILOLO – Polres Halmahera Barat  bersama Tokoh Agama Islam Kabupaten Halmahera Barat  (Halbar) berkomitmen wujudkan ramah dan kondusif pada agenda pesta demokrasi Pilgub Malut 2018. Hal tersebut terlihat pada moto pertemuan tokoh Agama Islam bersama Kapolres Halbar

AKBP Bambang Wiriawan, S.Ik MH, yang berada di ruang Kapolres Halbar, Kamis (25/1/2018).

Kapolres Halbar dalam penyampaian pertemuan  mengaku pertemuan tersebut untuk membahas terkait dengan pemilukada yang damai dan tentram.

Dengan  itu,  diminta kerja sama dan keterlibatan MUI serta  tokoh agama agar melakukan  himbauan/siraman rohani kepada masyarakat terkait toleransi dan perbedaan pendapat/pilihan, sehingga bisa tercapai pemilukada yang damai dan aman.

Kapolres bahkan menawarkan jasa bantuan jika kelak dibutuhkan tokoh agama asalkan demi untuk kepentingan masyarakat dan negara agar tercipta suasana yang aman di Halbar saat pilgub.

“Kalau para ustad butuh bantuan kami, kami selalu siap kapan saja untuk kepentingan masyarakat banyak guna bisa terciptanya kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. “Ucapnya.

Meski begitu kapolres mengaku situasi kerukunan umat beragama di Halbar  sampai saat ini masih kondusif, tapi perlu diketahui kabupaten Halbar adalah salah satu kabupaten yang pernah kena konflik horisontal, sehingga masyarakatnya mudah terpancing dan terprovokasih.  Dengan  itu hal ini sangat penting peran serta para tokoh agama dan MUI untuk melakukan siraman rohani kepada masyarakat

“Sebab  saat ini kita menghadapi momentum pemilukada yang mana tendensi politik sangat tinggi terkait dengan suku, agama”, akunya.

Sementara  Ketua MUI Halbar Mujain Patty, mengucapkan terimakasih atas kesempatan pertemuan yang diadakan oleh polres Halbar saat ini. Karena pertemuan tersebut membuat para tokoh agama merasa dihormati.

Dengan itu, pihaknya  akan selalu bekerja sama dengan polres hal terkait dengan kepentingan umat apalagi saat ini momentum pemilukada dimana tendensi politik berbaur sarah, suku sangat tinggi.

“Olehnya itu rencana kami dari MUI Halbar,  akan kami jadwalkan safari Jumat setiap mesjid yang ada di kabupaten Halbar untuk menyampaikan pesan-pesan terkait pemilukada, dimana pebedaan pandangan dan pilihan itu adalah sunah Rasul”, ucapnya.

MUI lanjut Mujain, meminta anggota dari polres Halbar untuk sama-sama melakukan safari Jumat.

Sedangkan terkait Aliran sesat, terkait fatwa MUI tentang  ajaran HUI ilomat adalah, karena  diketahui  akhir-akhir ini masih ada aktifitas secara diam-diam yang dilakukan oleh HUI ILOMATA. Begitu pula  Syiah Jafaria masih ada pergerakan kegiatan secara diam-diam.

Turut dalam kegiatan itu Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan, S.Ik MH dan  Ketua MUI Halbar Hi. Muzain Patty, M.Pdi, juga hadir  Imam Besar Mesjid Agung Sigilamo Halbar Ustad Dasri Naimur, S.Pdi,  Bimas Islam Depag Ustad Saiful Albar, S.Pdi, Tokoh Agama Ustad Rahmad Patty, Tokoh agama Ustad Rusli Jafar, S.Pdi, M.Pdi, Tokoh Agama Ahmad Hadji, S.Ag, Tokoh agama Ustad Hi. Zulkfli Syah, S.Pdi, M.Pdi.(UK)