Beranda Halmahera Barat Semahabar : Pemkab Halbar Terkesan Paksakan Meresmikan Pelabuhan Mutui

Semahabar : Pemkab Halbar Terkesan Paksakan Meresmikan Pelabuhan Mutui

259
0
BAGIKAN
Bidang Pengawasan Daerah (BPD) Semahabar Ternate, Masri

JAILOLO – Rencana peresmian pelabuhan Mutui Kecamatan Jailolo, yang di bangun sejak tahun 2015 lalu oleh pemerintah Halmahera Barat (Halbar) dinilai melakukan pembohongan.

Bagaimana tidak pelabuhan yang telah selesai dan dijanjikan diresmikan oleh Bupati Danny Missy namun sampai saat ini tak kunjung diresmikan.

Hal ini menuai protes dari dari berbagai kalangan seperti Waka I DPRD Halbar, dan dari Sentral Mahasiswa Halmahera Barat (Semahabar) Ternate.

“Agar tidak mengurangi rasa kepercayaan publik terhadap pemerintah maka penting seorang pemimpin, seperti Bupati membuktikan atas janji-janjinya salah satunya termasuk peresmian pelabuhan Mutui karena berulang kali dijanjikan artinya harap Semahabar Bupati tidak terkesan janji hoax,” kata Bidang Pengawasan Daerah (BPD) Semahabar Ternate, Masri.

Sementara Kadis Perhubungan (Kadishub), Agustinus Purwoko mengatakan, terkait pemberitaan dirinya tidak bisa memberikan penjelasan karena sesuai perintah Sekkab Syahril Abd Rajak harus melalui Diskominfo, ” Untuk itu saya tidak berkomentar, dan kita ini hanya konsultasi soal peresmiannya saja di Pempus, jadi nanti di Kominfo saja,” alasannya saat dikonfirmasi wartawan kemarin.

Selain itu terpisah Kadis Kominfo, Chujaimmah Jauhar, kepada wartawan mengatakan, layak untuk gunakan dan diresmikan,  jika yang mempermasalahkan kondisi lapangan. Kecil dan segala macam itu sebenarnya lokasi Pelabuhan Mutui, seluas 6 hektar, “Kita sudah kordinasi akan ada pengembangan kedepan, jadi lahan dipersiapkan 6 hektar,” aku Chujaimah kemarin.

Lanjut mantan Sekwan ini, bahwa pada prinsipnya siap untuk diresmikan, dan sementara infastruktur pendukung lainnya, walaupun dalam kondisi kekurangan infastruktur, “Untuk jalan dan jembatan penunjang pelabuhan Matui, dalam tahun 2018 semua termasuk perluasan dermaga di benahi karena pelabuhan ini bersumber dari APBN,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk waktu peresmiannya Pelabuhan tersebut dalam waktu dekat akan dilakukan, karena dijadwalkan sebelumnya terjadi perubahan jadwal Menhub RI”, kemarin itu sudah dijadwalkan hanya saja pertepatan dengan agenda Menhub RI jadi peresmian itu dalam waktu dekat,” pungkasnya. (UK)