Beranda Maluku Utara Walikota Ternate akan Terima Penghargaan dari BKPM

Walikota Ternate akan Terima Penghargaan dari BKPM

427
0
BAGIKAN
Kabag Humas Setda Kota Ternate, Saiful Arsyad SE, M.Si

Ternate Masuk sebagai Terbaik Pelayanan Terpadu Satu Pintu Wilayah Timur

TERNATE – Setelah melalui survey yang dilakukan dengan sejumlah kriteria yang ditetapkan. Spesial Award rencanya akan diterima Walikota Ternate.

Ini sesuai surat yang ditandatangani oleh Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong tertanggal 3 Juli 2018, demikian disampaikan oleh Kabag Humas Setda Kota Ternate M.

Syaiful Arsyad bahwa pada Kamis (12/7)
Walikota Ternate Burhan Abdurahman dijadwalkan akan memperoleh penghargaan khusus (Spesial Award) dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), setelah kurang lebih 40 nominasi yang ditetapkan itu Dinas Penaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menjadi salah satu penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu terbaik wilayah timur.

Syaiful menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan perizinan dan non perizinan penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal (PTSP-PM) tingkat provinsi, kabupaten dan kota Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta Kawasan Ekonomi Khusus di Tahun 2018 diseluruh Wilayah Indonesia.

Pada beberapa waktu lalu BKPM melakukan survei dan penilaian langsung atas penyelenggaraan PTSP-PM dengan berpedoman pada standar kualifikasi sebagaimana diatur dalam peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 6 tahun 2011 tentang tata cara Pelaksanaan, Pembinaan dan Pelaporan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal.

“Dan BKPM telah melaksanakan survei dan kualifikasi untuk pemeringkatan terhadap 565 instansi Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Kabupaten dan Kota, yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2018 lalu,” ujar dia.

Dimana kata dia, dalam kegiatan kualifikasi peningkatan PTSP di Bidang Penanaman Modal yang telah selesai dilaksanakan itu meliputi Penilaian Mandiri (Self-Assessment), Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Uji Pemaparan, Uji Petik (Observasi langsung ke lapangan, verifikasi dan validasi) oleh Tim Penilai yang melibatkan 11 (sebelas) Kementerian/lembaga terkait.

Dalam penilaian tersebut, BKPM juga menggunakan pertimbangan penilaian (award) yang dilakukan oleh kementerian/lembaga lainnya kepada pemerintah daerah, serta memperhatikan berita dan informasi positif maupun negatif dari media cetak dan media elektronik terkait kredibilitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Dikatakannya, untuk penilaian tahun 2018 terdapat 40 nominasi untuk diberikan penghargaan, dan secara khusus BKPM telah menetapkan 3 (Tiga) Penyelenggara PTSP terbaik di wilayah Timur (provinsi NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat), salah satunya termasuk DPMPTSP Kota Ternate untuk memperoleh Penghargaan Khusus (SpecialAward) dan berdasarkan Surat dari BKPM Nomor : 86/A.7/B.2/2018.

“Dalam surat itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menerima surat pemberitahuan sebagai salah PTSP di Wilayah Timur Indonesia yang memperoleh Pengghargaan Khusus (SpecialAward). Dan SpecialAward ini akan diterima langsung oleh Walikota Ternate pak Burhan Abdurahman sesuai undangan dari Kepala BKPM RI Nomor. 252/A.1/2018 tanggal 3 Juli 2018, yang bertempat di ruang nusantara kantor BKPM jalan Gatot Subroto nomor 44 Jakarta 121190 pukul 10.00 sampai 12.00 WIB,” tandasnya. (HT)