Beranda Hukrim KM Kairos Hilang Kontak

KM Kairos Hilang Kontak

819
0
BAGIKAN

TERNATE – KM Kairos berpenumpang 20 orang warga asal kelurahan Mayau kecamatan Batang Dua dikabarkan hilang kontak, setelah melakukan perjalanan dari Bitung menuju Batang Dua. Kapal yang membawa 20 orang warga yang hilang ini melakukan perjalanan dari pelabuhan Bitung Sulawesi Utara menggunakan kapal motor yang bernama KM Kairos pada Sabtu (11/8) dini hari akhir pekan kemarin.

Kapal yang ditumpangi warga ini diperkirakan menempuh perjalanan selama 11 jam untuk tiba di Mayau, harusnya kapal itu tiba pada Minggu (12/8) namun hingga kini belum juga tiba di Batang Dua.

Warga kemudian mendatangi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate, mendapat informasi itu tim dari Basarnas langsung menuju ke lokasi pada Senin (13/8).

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate Muhammad Arafah mengatakan, kapal yang ditumpangi 20 warga Mayau itu berangkat dari Bitung pada pukul 01:00 WIT yang diperkirakan sampai di Batang Dua pukul 12:00 WIT namun sampai kemarin hilang kontak.

“KM Kairos bertolak dari pelabuhan Bitung menuju Pulau Mayau Batang Dua dengan penumpang sebanyak 20 orang bermuatan sembako. Dan waktu tempuh 11 jam yang di perkiraan tiba di Pulau Mayau Batang pukul 12.00 WIT, namun sampai saat ini belum tiba di tempat tujuan,” katanya.

Pihaknya kata dia, mendapat laporan hilangnya kapal KM. Kairos dari Simon Suyanto kalau kapal itu tiba di Mayau pukul 12:00 WIT kemarin namun kapal itu sampai kini belum juga tiba. “Kapal tersebut berukuran 10 meter dengan kapasitas 10 GT dan warna lambung kuning muda,” jelasnya.

Setelah mendapat laporan warga pihaknya melalui petugas siaga Komando 306 langsung berkoordinasi dengan KSOP Bitung terkait data kapal serta SROP Bitung dan SROP Ternate. “Pada pukul 11:30 WIT tim Rescue Kantor SAR Ternate  bergerak menuju lokasi dengan menggunakan KN. Pandudewanata 237 beserta peralatan evakuasi,” ungkapnya.

Dikatakannya, jarak ke lokasi 99 Nm dengan radian 292.29° dengan koordinat 01°22’58” N, 125°47’31” E  dengan perkiraan estimasi ke lokasi 5 jam dengan kecepatan angin 15 knot ke arah 0° dengan ketinggian ombak 1 sampai 1,5 meter dan arus permukaan 1,5 sampai 2 knot ke arah 300° dan yang terlibat dalam pencarian Basarnas Ternate sebanyak 13 orang, Lanal Ternate 1 orang, PolAir Ternate 1 orang, KSOP Ternate 1 orang, Dinas Perhubungan Ternate 1 orang, Keluarga korban 1 orang. (MA)