Beranda Hukrim Mahasiswa Baru Unkhair dapat Materi dari Azhari Juanda

Mahasiswa Baru Unkhair dapat Materi dari Azhari Juanda

703
0
BAGIKAN

TERNATE – Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.Ik kembali mendapatkan kesempatan menjadi pembicara pada kegiatan Inforient Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019, bertempat di Aula Banau Kampus Unkhair Akehuda Ternate, Rabu (05/09).

Materi yang diberikan oleh orang nomor satu di jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ternate, yakni Keamanan dan Ketertiban.

Dalam pemaparannya, Kapolres Ternate menjelaskan, situasi dan kondisi wilayah hukum Polres Ternate dari aspek astagatra dan dilajutkan dengan menerangkan kekuatan sumber daya organisasi Polres Ternate dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas di wilayah hukum Ternate.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan aspek legal standing Polri dalam menjalankan fungsi, peran dan tugas pokok Polri di Indonesia.

Kepada mahasiswa yang hadir, Kapolres memberikan gambaran umum situasi Kamtibmas Kota Ternate dan memberikan data-data gangguan Kamtibmas yang menonjol kurun waktu tahun 2018 agar supaya seluruh mahasiswa memahami dan mengetahui kondisi Kamtibmas Ternate saat ini.

Tak lupa, Kapolres menjelaskan secara detail langkah-langkah Polres Ternate dalam memelihara Kamtibmas baik di bidang preemtif, preventif dan represif. Pada kesempatan ini pula, Kapolres Ternate menyampaikan bahwa saat ini Polres Ternate sedang berbenah dan melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka mewujudkan Polri yang Promoter yaitu Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya.

Kesempatan bertatap muka dengan kurang lebih 1000 mahasiswa baru Unkhair itu, digunakan KapolresTernate untuk memperkenalkan beberapa program inovatif Polres Ternate, baik yang berbasis IT maupun yang non IT.

“Dibidang IT, Polres Ternate telah memiliki Website Polres Ternate, TV Online Polres Ternate dan Aplikasi Pelayanan Publik dan penanggulangan gangguan Kamtibmas berbasis android yang dapat didownload di playstore dengan nama aplikasi “Polres Ternate” aplikasi tersebut saat ini sudah masuk tahap sosialisasi dan running test,” kata Kapolres.

Lanjutnya, adapun beberapa konten yang ada di dalam aplikasi tersebut berupa pelayanan SIM online, pelayanan SKCK online, monitoring SP2HP, Laporan pengaduan masyarakat (laporan kejahatan, laka lantas, kebakaran, bencana alam), permintaan bantuan ambulance dan yang paling penting adalah adanya tombol panic button untuk digunakan oleh masyarakat jika ada gangguan Kamtibmas yang memerlukan kehadiran petugas Polisi segera.

Selanjutnya, beberapa program inovatif di bidang non IT berupa:
1. Program Pos Cerling yaitu Polisi Ceramah Kamtibmas Keliling dengan kegiatan Safari Kamtibmas Jum’at serta menjadi pembina upacara di SMA/sederajat.

2. Program Pelita Gama Maitara yaitu Polisi Peduli dan Cinta Generasi Muda Maluku Utara dengan kegiatan penyuluhan menggugah dan motivasi membangun karakter pelajar dan mahasiswa.

3. Program Wanda Manis yaitu Polwan Berdakwah Membangu Keluarga Harmonis dengan kegiatan Polwan Polres Ternate mengikuti pengajian majelis taklim ibu-ibu dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

4. Program Tagar Pelita yaitu Pustaka Bergerak Polisi Peduli Literasi dengan kegiatan perpustakaan keliling menyambangi masyarakat khususnya anak-anak untuk diajak gemar membaca.

5. Program SIMLING CERIA, yaitu pelayanan SIM Keliling pada waktu dan lokasi yang sudah dijadwalkan 2 kali dan seminggu.
Kapolres berharap, dengan adanya beberapa program inovasi tersebut akan dapat meningkatkan kinerja Polres Ternate dan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari PolresTernate.

Dikesempatan itu juga, Kapolres tidak hanya menjelaskan tentang lingkup tugas kepolisian, namun pada kesempatan tersebut menjadi media baik bagi Kapolres Ternate untuk memberikan suntikan motivasi kepada para mahasiswa dengan beberapa nasehat penting untuk menggapai masa depan yang cerah.

“Be Smart Generation, yaitu generasi yang mandiri dan berahlak (cerdas secara spiritual, emosional, intelektual dan sosial),” tutup Kapolres. (SS)