Beranda Halmahera Barat Jelang Pemilihan DPD, DPR ,DPRD dan Pilpres Bawaslu Halbar Gelar Sosialisasi Pemilih...

Jelang Pemilihan DPD, DPR ,DPRD dan Pilpres Bawaslu Halbar Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula 

508
0

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Halmahera barat (Halbar) pada Kamis, 1 November 2018, melaksanakan Sosialisasi Pemilih Pemula menjelang pemilihan DPD, DPR, DPRD dan pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang.

Sosialisasi tersebut digelar di SMA Negeri 3 kabupaten Halmahera Barat. Dihadir ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad, SH, Koordiv hukum dan penindakan, Agnosius Datang, S.Pd, sekretaris Bawaslu Kab Halbar, Hariyanto M. Taher, S.Sos, kepala sekolah SMAN 3 Halbar Laode Nursalim, S.Pd.M.Si, serta para guru SMAN 3 Halbar, dan diikuti para siswa usia pemilih pemula sebanyak 80 Orang.

Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan sosialisasi adalah memberikan pengetahuan kepada pemilih pemula tentang bagaimana proses tahapan pelaksanaan teknis dalam pemilihan umum tahun 2019 mendatang, sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala-kendala teknis yang signifikan.

“Salah satu syarat dalam pemilu bagi pemilih adalah berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP elektronik. Serta bagi pemilih usia d bawah 17 tahun yang sudah menikah, dan bagi siswa SMA masuk pada kategori pemilih pemula usia minimal 17 tahun serta orang-orang yang baru pertama kali menyalurkan hak demokrasinya dalam pemilu,” jelas Alwi.

Dijelaskannya juga, dalam pemilu diutamakan adalah partisipasi dari pemilih itu sendiri sehingga bisa menyalurkan hak suaranya dalam pesta demokrasi terutama pada pemilu tahun 2019. (UK/SS)