Beranda Maluku Utara Ketua BPK Perwakilan Malut Serahkan Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2018...

Ketua BPK Perwakilan Malut Serahkan Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2018 ke Wali Kota Tidore

333
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2018. LHP ini diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Perwakilan Malut, M. Ali Asyhar dan diterima Walikota H. Ali Ibrahim bersama Ketua DPRD, Anas Ali bertempat di Gedung BPK Perwakilan Malut, Kota Ternate, Jum’at (14/12) sore kemarin.

Laporan Pemeriksaan dengan Nomor 51/LHP/XIX.TER/12/2018 tentang LHP Kinerja Pendanaan Pendidikan pada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ini merupakan Pemeriksaan Kinerja atas Pendanaan Pendidikan bagi Peserta Didik melalui Program BOS dan PIP dalam rangka mewujudkan terselenggaranya wajib belajar 12 tahun pada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tahun 2015 sampai dengan semester I tahun 2018.

M. Ali Asyhar dalam sambutannya mengatakan “Ketentuan LHP memuat pokok-pokok permasalahan beserta rekomendasi perbaikan yang harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Daerah wajib menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK dalam waktu selambat-lambatnya 60 hari sejak LHP diterima. LHP dapat memperbaiki pengelolaan dan tanggung jawab Keuangan Negara,” kata M. Ali Asyhar.

Usai menerima LHP BPK Semester II tahun 2018, Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim menjelaskan LHP ini agar instansi teknis masing-masing segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut, sehingga hasilnya bisa lebih cepat sebelum batas yang ditentukan.

Ali Ibrahim juga optimis sejumlah rekomendasi yang disampaikan oleh BPK dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing instansi yang bertanggung jawab.

Selain Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, ada 5 Kabupaten/Kota lainnya di Maluku Utara yang menerima LHP BPK masing-masing, Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Kepulauan Taliabu. (Hms/SS)