Beranda Maluku Utara Peringati HUT Kowal Ke-56, Srikandi Lanal Ternate Laksanakan Dialog

Peringati HUT Kowal Ke-56, Srikandi Lanal Ternate Laksanakan Dialog

731
0
BAGIKAN

TERNATE – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke 56, Korps Wanita Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate laksanakan share dialog bersama RRI Pro 2 di LPP RRI Ternate, di jalan Sultan M. Djabir Sjah, Soa Sio Ternate Utara Kota Ternate, Sabtu (05/01).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, Kepada wartawan mengatakan dalam rangka memperingati HUT Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke 56 tanggal 5 Januari Tahun 2019, Srikandi Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate melaksanakan share dialog yang bertempat di stasiun Pro 2 LPP RRI ternate.

“Dialog tersebut di ikuti oleh dua orang srikandi Lanal Ternate yakni Letnan dua (Letda) Laut (K/W) Tri Rohani Rizki, AMKG NRP.21985/P beserta Pembantu Letna Satu (Peltu) Bek/W Yarni Leba NRP. 82685,” kelas Wisnu.

Wisnu menuturkan, materi yang disampaikan dalam dialog tersebut antara lain sejarah berdirinya Korps Wanita Angkatan Laut, kiprah srikandi-srikandi laut dalam penugasan, serta tugas dan fungsi wanita-wanita Angkatan dalam organisasi.

Dalam kegiatan yang langsung yang disiarkan oleh Pro 2 RRI Stasiun Ternate, Letda Laut (K/W) Tri Rizki Rohani menceritakan bagaimana sejarah berdirinya Korps Wanita Angkatan Laut, dimana pada tahun 1960 kebutuhan akan peran serta wanita dalam kedinasan TNI AL sangat diperlukan dalam bidang-bidang tertentu yang lebih sesuai dikerjakan oleh kaum wanita.

Lanjut Letda Tri, dicetuskan Komodor Yos Sudarso dan direalisasikan oleh Panglima Angkatan Laut Laksamana R.E.Martadinta dengan mengeluarkan surat keputusan menteri Panglima Angkatan Laut ( Skep Men/Pang AL No 5402.24 Tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

“Tugas Kowal yaitu bersama satuan lain dalam lingkungan TNI AL ikut serta dalam pertahanan negara dengan menggunakan keahlian dan kemahirannya dalam tugas tertentu yang sesuai dengan kodrat dan sifat kewanitaannya,” kata Letda Tri.

Letda Tri menambahkan, sampai dengan saat ini Korps Wanita Angkatan Laut sudah masuk ke semua lini dalam lingkungan TNI AL seperti Penerbang, pasukan Marinir, kapal perang RI karena Kowal mampu berjalan seiring dengan prajurit pria. (Ogan)