Beranda Halmahera Selatan Rutan Cabang Labuha, Gandeng Dinkes dan Pkm Peringati Hari TBC Sedunia

Rutan Cabang Labuha, Gandeng Dinkes dan Pkm Peringati Hari TBC Sedunia

404
0
BAGIKAN

HALSEL – Dalam memperingati hari TBC sedunia tahun 2019 yang jatuh tanggal 24 Maret, Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Labuha menggelar sosialisasi TBC kepada Narapidana (Napi) dan tahanan, Kamis (21/03/2019).

Kegiatan tersebut, hasil kerja sama dari Rutan Cabang Labuha dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Halmahera Selatan (Halsel) serta Puskesmas (Pkm) Gandasuli dibuka langsung oleh Karutan dan dihadiri 137 napi dan tahanan.

Kegiatan sosialisasi dengan tajuk “Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai Dari Saya”. Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Cabang Labuha Sudarno dalam sambutanya mengatakan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dirinya mengucapkan terimakasih kepada petugas dari dinas kesehatan dan puskesmas atas kesediaannya melakukan sosialisasi terkait penyakit TBC.

“WBP diharapkan bisa mengikuti dengan baik kegiatan sosialisasi penyakit TBC, sehingga bisa terhindar dari penyakit tersebut, dan terimah kasih untuk pemateri dari Dinkes maupun dari PKM,” akunya.

Sementara itu salah satu pemateri Dr. Fiktijar Ikhtiani Assagaf dalam paparannya menjelaskan tentang pengertian gejala dan penyebab dari penyakit TBC.

“Kegiatan ini bertujuan agar seluruh WBP cabang rutan Labuha bisa mengetahui cara gejala dan cara penularan penyakit TBC dan bisa menghindarinya,” terangnya

Fiktijar menuturkan dalam kegiatan ini juga di rangkaian dengan skrining bagi pengunjung yg berlangsung selama 3 hari. “Diharapkan bisa memutus penularan penyakit TBC di cabang Rutan Labuha melalui skrining bagi pengunjung yang masuk ke Rutan,” tutupnya. (Rls/Ogan)