Beranda Maluku Utara Bupati: Talut di Pulau Kolorai Tahun ini Akan Dibangun 

Bupati: Talut di Pulau Kolorai Tahun ini Akan Dibangun 

360
0
BAGIKAN
Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Benny Laos

MOROTAI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, tahun ini akan melakukan pembangunan talut penahan ombak di Pulau Kolorai, dalam wilayah Kecamatan Morotai Selatan.

Pembangunan talut yang dilakukan ini, karena ada keluhan dari masyarakat Kolorai, sehingga dirinya (Bupati) langsung lakukan peninjauan lokasi tersebut.

“Atas peninjauan itulah sehingga Pemkab mengambil langkah untuk mengajukan proposal ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, dan mereka sudah menyetujui, sehingga tahun ini pembangunan talut dimulai,”ucap Bupati Benny Laos, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (23/3).

Dijelaskan Bupati, ”Talut penahan ombak tahun ini yang akan dilakukan dilakukan pembangunan itu anggarannya bersumber ABPN melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp 15 miliar, yang diluncurkan secara bertahap. Untuk tahap pertama Rp 15 miliar, sementara untuk tahap ke dua Rp 50 miliar,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, ”Dengan total anggaran Rp 65 miliar itu bukan hanya difokuskan di pulau Kolorai. Namun ada 23 titik dalam wilayah lima kecamatan yang akan dilakukan pembangunan talut penahan ombak. Hanya saja, untuk anggaran tahap dua masi menunggu surat keputusan (SK), sementara untuk tahap satu tinggal menunggu transferan dari Kemenkeu RI,” tandasnya. (Ical)