Beranda Maluku Utara Wujudkan Visi Misi Kota Jasa Berbasis Agro-Marine, DKP Kota Tikep Bakal Panen...

Wujudkan Visi Misi Kota Jasa Berbasis Agro-Marine, DKP Kota Tikep Bakal Panen Udang Vaname 2 Ton

775
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Visi misi Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen dengan menjadikan Tidore sebagai Kota Jasa berbasis Agromarine semakin terus didorong. Salah satunya dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Dimana, DKP Tikep dalam waktu dekat berencana melakukan panen udang jenis vaname.

Hal itu disampaikan Kepala DKP Kota Tidore Kepulauan, Hamid Abd Latif kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (15/05/2019).

Dikatakannya, budidaya udang jenis Vaname yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan, yang beralamat di lingkungan Akemam Kelurahan Dowora Kecamatan Tidore Timur tepatnya di belakang kantor Dinas Ketahanan Pangan, telah memasuki usia panen.

“Jadi udang Vaname itu dibudidayakan selama 70 hari, dan menurut perhitungan kami kurang dari 10 hari menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, sudah bisa panen,” kata Hamid Abd Latif.

Lebih lanjut, Hamid menyampaikan bahwa udang Vaname yang akan dipanen tersebut, diperkirakan mencapai 2 ton dengan jumlah tempat budidaya sebanyak 5 buah.

“Jadi kolam ada 5, yang bulat 2 buah, dan yang biasa dengan ukuran 15×30 sebanyak 3 buah. Dan disaat panen nanti pasarannya hanya di wilayah Tidore dan Ternate, karena udang Vaname tersebut sudah banyak peminatnya,” tutur Kadis. (SS)