Beranda Maluku Utara Pemkot Tidore Matangkan Rencana Industri Saus Tomat

Pemkot Tidore Matangkan Rencana Industri Saus Tomat

439
0
BAGIKAN
Wali Kota Tidore Kepulauan, saat panen beberapa waktu lalu.

TIDORE KEPULAUAN – Rencana Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk mengembangkan industri saus tomat serta minuman di Kota Tidore kepulauan terus dimatangkan. Salah satunya dengan membicarakan desain pembangunan pabrik yang nantinya dibangun di Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim kepada media ini di ruang kerjanya, Kamis (23/05/2019) kemarin.

Dikatakan Wali Kota, saat ini Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Pertanian tengah menyiapkan desain dengan melakukan koordinasi ke salah satu pengusaha di Jakarta.

“Kebetulan hari ini (Kamis, 23/05/2019) Kadis Pertanian ke Jakarta, sekalian saya perintahkan segera koordinasi dengan salah satu pengusaha di Jakarta untuk secepatnya membuat desain pabriknya itu seperti apa sehingga tidak mengganggu kesehatan terutama limbahnya,” kata Wali Kota.

Dikatakan pula, selain telah memerintahkan Kadis untuk secepatnya siapkan desain, dirinya juga telah bertemu dengan pihak kampus, dalam hal ini Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate dan telah membicarakan rencana pembuatan industri saus tomat. Dan oleh pihak kampus merespon baik atas rencana pemkot Tidore tersebut.

“Beberapa waktu kemarin saya sudah bertemu dengan pihak Fakultas Pertanian Unkhair, dan saya berdiskusi dengan mereka, ternyata responnya baik dan mendukung. Bahkan kata mereka untuk limbah tomat tidak terlalu pengaruh karena bisa dijadikan sebagai pupuk,” jelas Ali Ibrahim.

Ali pun berharap agar sekembalinya Kadis Pertanian dari Jakarta sudah bisa membawa hasil desain tersebut. (SS)