Beranda Maluku Utara Deklarasi Kota Tidore Kepulauan Menuju Kota Layak Anak

Deklarasi Kota Tidore Kepulauan Menuju Kota Layak Anak

311
0
BAGIKAN
Kegiatan Deklarasi Kota Layak Anak yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Pemerintah Kota Tidore.

TIDORE KEPULAUAN – Kota Tidore Kepulauan yang berpenduduk 112.776 jiwa dengan  jumlah usia anak sebanyak 37.402 jiwa yang terdiri dari 19. 425 jiwa anak laki-laki dan 17.977 jiwa anak perempuan, mendeklarasikan Kota Tidore Kepulauan menuju Kota Layak Anak.

Demikian sambutan Wali Kota Tidore Kepulauan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan H. Asrul Sani Soleiman pada saat menghadiri Kegiatan Deklarasi Kota Layak Anak yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak  Kota Tidore Kepulauan di sela-sela Car Free Day pada hari Minggu (23/6) bertempat di Pantai Tugulufa.

Dalam sambutan tersebut juga diungkapkan bahwa tujuan Kota Layak Anak untuk memenuhi hak dan melindungi anak, dan secara khusus untuk membangun inisisatif pemerintah kabupaten kota yang mengarah pada transformasi Konvensi Hak-Hak Anak dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan, dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak perlindungan anak.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara Hj. Masni Bin Syeh Abubakar bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh pihak dari pemerintah pusat sampai pada tingkat kabupaten kota bersama-sama seluruh stakeholder terkait dan masyarakat untuk bekerja sama menjamin hak anak dan menjamin perlindungan kepada anak.

“Anak adalah generasi penerus yang ditangan mereka adalah masa depan bangsa, jadi sudah seharusnya semua pihak menjamin hak anak dan menjamin perlindungan kepada mereka,” kata Masni.

Kegiatan Deklarasi Anak juga turut disemarakkan dengan persembahan tari dan aksi dari anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah Kota Tidore Kepulauan (Fomatika).

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Hj Sulama Ali Ibrahim, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Rahmawati Muhammad Sinen, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan Hj Nursaida Asrul Sani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara Hj. Masni, Pimpinan OPD Kota Tidore Kepulauan dan Pimpinan BUMN dan BUMD se Kota Tidore Kepulauan. (Hms/SS)