Beranda Halmahera Selatan Terima Video Warga, Iswan Langsung Menuju Desa Awis

Terima Video Warga, Iswan Langsung Menuju Desa Awis

600
0
BAGIKAN
Wakil Bupati Halmahera Selatan, Iswan Hasjim membawa bantuan ke Desa Awis, tampak Wakil Bupati menyalami warga di pengungsian.

LABUHA – Untuk memastikan kebenaran video pengungsi Desa Awis kecamatan Gane Barat Selatan, yang menggunakan daun woka dan sejenisnya sebagai tenda pengungsi, Wakil Bupati Halsel (Wabub)  Iswan Hasjim langsung menuju ke lokasi.

Laporan tersebut dikirim oleh salah satu warga melalui aplikasi tukar pesan, dalam bentuk video, ke nomor pribadi Wabup.

Dalam laporannya mengatakan bahwa sebagian masyarakat Desa Awis yang berada di lokasi pengungsian masih menggunakan daun Woka dan daun sejenisnya, “Saya menerima laporan senin tadi pagi sekitar pukul 06:00 Wit,  melalui aplikasi WA pribadi saya, maka dari itu, saya harus turun cepat, karena ini menjadi tanggung jawab saya untuk memastikannya, setahu saya, bantuan sudah tersalurkan semua, tapi saya tetap membawa 40 lembar terpal untuk mereka,” ungkapnya lagi.

Setelah menerima laporan itu, Wakil Bupati Iswan Hasjim langsung turun ke Desa Awis guna memastikan kebenaran informasi tersebut. Wabup juga membawa bantuan berupa terpal dan tikar untuk warga Desa Awis, Senin pagi (29/07/2019).

Wabup bersama rombongan yang didampingi Kasat Satpol PP Halsel  menuju Desa Awis pukul 10:15 WIT dari pelabuhan Babang menggunakan speedboat Wakil Bupati, Makododara.

Setibanya di Desa Awis Iswan langsung menuju ke lokasi pengungsian. Sekretaris Desa Awis membenarkan video yang dikirim ke Wabup tersebut, menurutnya memang saat ini ada bantuan terpal tapi beberapa Kepala Keluarga (KK) yang belum menerimanya karena kehabisan stok.

“Kebanyakan belum dapat itu, yang berada di atas gunung, kami sudah bagikan tapi memang stoknya terbatas jadi tinggal beberapa Kepala Keluarga (KK) saja yang belum menerimanya, salah satu yang di video tersebut,” ungkap Sekdes pada Wabup.

Wabup mengatakan bahwa saat ini walaupun Masa Tanggap Darurat telah dicabut, tapi tanggung jawab pemerintah daerah akan tetap berlanjut guna memastikan masyarakatnya telah terpenuhi kebutuhannya.

“Tadi saya dapat laporan video ini pagi sekali, saya langsung perintahkan mempersiapan speedboat untuk setelah apel gabungan langsung saya menuju ke Desa Awis, Alhamdulillah saya bisa kesini dan membawa bantuan yang dibutuhkan yaitu terpal dan tikar,” kata Iswan.

Iswan memerintahkan setelah ini agar kepala desa lebih intens melaporkan kebutuhan yang dibutuhkan ataupun yang telah habis agar pemerintah daerah dapat mengirim logistiknya sesuai dengan permintaan Kades. Wabup juga memastikan kepada pemerintah Desa agar tidak ada lagi warga yang masih menggunakan  daun Woka.

“Terpal yang saya bawa berjumlah 40 lembar dengan ukuran 6 x 4 meter, itu sangat cukup untuk diberikan kepada beberapa KK yang belum mendapatkan terpal, dan itu dipastikan sudah melebihi permintaan , tinggal diatur pembagiannya saja biar semuanya kebagian,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Setelah ini, saya pastikan bahwa tidak ada lagi yang menggunakan Daun Woka sebagai atapnya, terpal yang saya bawa sudah cukup untuk sebagian KK yang masih menggunakan daun Woka di Desa Awis ini,” tegasnya kepada Sekdes di depan warga Awis.

Selain itu, Iswan juga memastikan bahwa bantuan logistik seperti beras akan selalu Pemda penuhi selama masa transisi pemulihan Pasca Masa Tanggap Darurat. Menurutnya beras adalah bahan pokok yang harus terpenuhi di lokasi pengungsian.

“Semua sudah terpenuhi, MCK sudah dibangun 8 unit dan hampir semua kebutuhan telah dipenuhi. Tinggal bagaimana kami menjaga ketersediaan bahan makanan saja,” pungkas Iswan kepada warga Awis. (Raja)