Beranda Maluku Utara Ini Kata Kadis Dukcapil Morotai Soal Masyarakat Yang Belum Miliki e-KTP

Ini Kata Kadis Dukcapil Morotai Soal Masyarakat Yang Belum Miliki e-KTP

545
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Pulau Morotai, Hi. Rajak Lotar.

MOROTAI – Dari total 47 ribu masyarakat yang sudah  memiliki Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), saat ini masih terdapat sebanyak 500 orang lebih yang belum memiliki e-KTP.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Pulau Morotai, Hi. Rajak Lotar, kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (16/10).

Dikatakan Rajak, ”Sebanyak 500 orang lebih yang belum miliki e-KTP ini terdapat 200 lebih anak sekolah yang kuliah di luar Morotai, dan ada juga masyarakat yang kerja di luar Morotai. Sementara untuk 300 orang lebih terdapat kasus ganda. Karena disaat perekaman dan mereka lakukan sidik jari itu terkadang tangan mereka berkeringat sehingga pada saat kami cetak e-KTP itu yang muncul memang nama mereka, namun fotonya orang lain. Selain itu, ada juga nama mereka masih ada di kabupaten lainnya,” jelasnya.

”Dengan adanya masalah inilah sehingga pihaknya langsung melakukan penghapusan data di Kemendagri dan sudah normal kembali,” tuturnya.

Menurutnya, Walaupun sudah normal. Namun kata Kadis, disaat pihaknya lakukan cetak tetapi tidak bisa, “Sehingga langkah selanjutnya itu kami akan ketemu orang yang bersangkutan dan dilakukan pemindahan data tersebut. Dan sejauh ini ada beberapa yang sudah kami lakukan, dan seharusnya ini sudah selesai dilakukan. Tapi setiap kami turun itu tidak ketemu dengan masyarakat, karena sebagian sudah melaut dan ada juga yang sudah pergi kebun,” katanya. (Ical)