Beranda Halmahera Timur Wujudkan Halmahera Terang, Tiga Belas Desa di Halmahera Timur Nikmati Listrik

Wujudkan Halmahera Terang, Tiga Belas Desa di Halmahera Timur Nikmati Listrik

486
0
BAGIKAN
Bupati Halmahera Timur menggunting pita di gedung central PLTD Wasileo sebagai tanda telah beroperasinya PLTD Wasileo. (Foto: Istimewa)

SOFIFI – Sebagai upaya untuk terus mewujudkan Halmahera Terang, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi kembali berhasil mengaliri listrik di 13 desa di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

Pengaliran listrik oleh pihak PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Mluku Utara ini sebagai juga sebagai komitmen PLN kepada masyarakat dan sebagai menjemput  Hari Listrik Nasional ke 74 Tahun.

Total 13 desa yang berhasil dilistriki PLN pada kabupaten tersebut, yaitu Desa Wasileo, Desa Dorosago, Desa Doromoi, dan Desa Sosolat di Kecamatan Maba Utara, Desa Maratana Jaya, Desa Tatangapu, Desa Miaf, dan Desa Dorolamo Jaya di Kecamatan Maba Tengah, serta Desa Iga, Desa Labi-Labi, Desa Dowongi Jaya, Desa Tatam, dan Desa Majiko Tongone di Kecamatan Wasile Utara.

Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud mengungkapkan, bahwa ini merupakan kerja sama yang nyata antar PLN, masyarakat, dan juga Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur.

“Dengan dilistrikinya desa-desa tersebut saya yakin berdampak positif bagi kegiatan warga sehari-hari. Baik untuk penerangan, kegiatan belajar mengajar maupun untuk kegiatan usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi Yusrizal juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemda Kabupaten Halmahera Timur dalam hal bantuan biaya pasang baru 1.327 pelanggan dengan total daya tersambung 1.201 kVA, bantuan penebangan pohon sepanjang 88,6 km dan juga pembebas lahan untuk PLTD Wasileo.

“Disamping itu, guna melistriki ketiga belas desa tersebut kami juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 88,6 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 22,8 kms dan 6 buah Trafo Distribusi kapasitas 25 kVA, 8 buah Trafo Distribusi kapasitas 50 kVA, dan 5 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA,” tambah Yusrizal.

Dengan dilistrikinya desa-desa tersebut, maka kini tersisa 10 desa dari 104 desa yang akan segera dilistriki oleh PLN di Kabupaten Halmahera Timur, yaitu Desa Marimoi dan Desa Bololo di Kecamatan Wasile Utara, serta Desa Jara-Jara, Desa Patlean Jaya, Desa Patlean, Desa UPT Patlian SP I, Desa UPT Patlian SP II, Desa Pumlanga, Desa Lolasita, dan Desa Lili di Kecamatan Maba Utara.

Hal ini pun menyisakan 53 desa dari total 692 desa yang segera dilistriki oleh PLN di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai. (HI)