Beranda Maluku Utara KSOP Kelas II Ternate Luncurkan Aplikasi Inarpornet

KSOP Kelas II Ternate Luncurkan Aplikasi Inarpornet

240
0
BAGIKAN
Foto bersama usai soft launching.

TERNATE – Dalam rangka memudahkan serta mempercepat proses lapor kedatangan dan keberangkatan kapal, Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Ternate menggelar soft launching Aplikasi Inarpornet.

KSOP di bawah Kementerian Perhubungan Laut (Kemen Hublau) Republik Indonesia melaunching Aplikasi Inarpornet pada Selasa (26/11/2019) di hotel Boulevard Ternate.

Kepala KSOP kelas II Ternate, Taher Laitupa saat diwawancara, Selasa (26/11/2019) usai acara mengatakan bahwa melalui aplikasi ini pengurusan hanya membutuhkan akses internet dan tidak perlu mengeluarkan biaya operasional pelayanan kapal ke otoritas pelabuhan, syahbandar dan terminal, selain itu aplikasi ini menjadikan pelayanan transparan dengan informasi kapal dan barang yang dapat dipantau melalui Inarpornet.

“Intinya aplikasi Inarpornet ini untuk mempermudah KSOP dalam pelayanan dengan sistem online, sehingga dapat memberikan keringanan terhadap pelaksanaan pelayanan,” jelas Taher.

Taher menyebutkan aplikasi Inarpornet merupakan sistem penerapan secara nasional, sehingga dirinya berharap semua sistem yang ada bisa terlaksana dengan baik. Untuk penerapan sistem aplikasi Inarpornet sendiri, Taher mengaku sebelumnya sudah dilakukan secara bertahap dengan Training Of Trainer (TOT) dilanjutkan dengan launching kemudian diakhiri dengan Go public yang akan dilakukan di Bengkulu nanti.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk pendataan kapal-kapal keseluruhannya sudah terdata, sehingga dalam aplikasi Inarpornet langsung terkoneksi ke pusat.

“Jadi sistemnya langsung terkonek ke pusat, baik bongkar muat dan pengurusan perkapalan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu Yanlagonda selaku perwakilan PT Pelindo IV (Persero) cabang Ternate yang juga ikut terlibat dalam peluncuran aplikasi Inarpornet mangaku sangat mendukung penuh pada penerapan aplikasi berbasis online ini. Menurutnya, sistem online ini sangat tersusun rapi dan Pelindo selalu siap mendukung baik dari segi kesiapan pelabuhan, ekspedisi dan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan kepelabuhanan.

“Direktur utama PT Pelindo sangat mendukung penerapan serta penyelenggaraan aplikasi Inarpornet, semua terintegrasi dengan Inarpornet dan sebelumnya sudah diadakan sosialisasi, jadi saat ini kami benar-benar siap dan mendukung penuh aplikasi ini,” pungkasnya. (NT)