Beranda Maluku Utara Camat Ternate Selatan Terapkan Sistem Jemput Bola untuk Percepat Perekaman KTP-El

Camat Ternate Selatan Terapkan Sistem Jemput Bola untuk Percepat Perekaman KTP-El

452
0
BAGIKAN
Kantor Kecamatan Kota Ternate Selatan. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Terkait jumlah warga wajib KTP di kecamatan Ternate Selatan yang belum melakukan perekaman, Camat Ternate Selatan, Mochtar Hasyim menjelaskan, bahwa hingga saat ini pihak kecamatan masih terus berkoordinasi dengan kelurahan, guna melakukan perekaman di dua spot yang ada di kelurahan Mangga Dua dan Bastiong Karance.

Dirinya menyebutkan kedua spot tersebut sudah dilengkapi alat perekaman dengan petugas pelayanan dari kelurahan yang melayani warga untuk melakukan perekaman KTP-El.

“Kecamatan sudah bekerja sama dengan kelurahan dalam hal pelayanan perekaman KTP elektronik yang ada di spot-spot di Mangga Dua dan Bastiong Karance,” ucap Moktar saat dikonfirmasi, Kamis (5/12/2019).

Lebih lanjut dia menyebutkan, bahwa dari jumlah penduduk Ternate Selatan sebanyak 78.302 orang dengan jumlah wajib KTP sebanyak 54.502 memang masih ada sekitar 5.734 orang yang belum melakukan perekaman KTP. Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan warga disaat petugas mendatangi rumah, penghuni rumah tidak berada di tempat, dengan alasan sedang berada di luar kota Ternate.

Hal inilah yang menurutnya merupakan kendala bagi petugas kelurahan untuk mendata warga wajib KTP untuk melakukan perekaman.

“Petugas datang kebanyakan warga domisili di Ternate Selatan tidak ada di tempat, semisalnya domisilinya di Ternate tapi mata pencariannya di Sofifi atau di Halmahera, sehingga sulit untuk petugas melakukan pendataan, padahal sistem yang kami terapkan yakni sistem jemput bola,” tutur Mochtar.

Untuk pelayanan perekaman dirinya menyebutkan, jadwalnya dibuka setiap hari bahkan dihari Sabtu dan Minggu tetap dibuka, pasalnya kebanyakan warga beraktivitas dihari kerja, untuk itu pada hari liburpun tetap dilakukan pelayanan. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa, selain sistem jemput bola, dirinya juga selalu memberikan himbauan langsung kepada masyarakat. (NT)