Beranda Maluku Utara Wali Kota Ternate : Sultan Baabullah Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Wali Kota Ternate : Sultan Baabullah Pantas Jadi Pahlawan Nasional

472
0
BAGIKAN
Wali Kota Ternate, DR. H. Burhan Abdurahman saat memberikan sambutan di Seminar Nasional Sultan Baabullah Pahlawan Nasional, yang mengangkat tema, Kepahlawanan Sultan Baabullah Mengusir Portugis dari Nusantara.

TERNATE – Wali kota Ternate, Hi.Burhan Abdurahman menghadiri Seminar Nasional Sultan Baabullah Pahlawan Nasional yang berlangsung, Kamis (12/12/2019) di Gedung 1 Auditorium 1103 FIB Departemen Sejarah Universitas Indonesia (UI) Jakarta dengan tema, Kepahlawanan Sultan Baabullah Mengusir Portugis dari Nusantara.

Seminar dihadiri oleh Pembicara dari UI yakni Prof Departemen Fakultas Ilmu Budaya UI, Prof. Peter B.Carey.PhD, Sejarawan UI, DR.Bondan Kanumoyoso, Koordinator Program Studi Ilmu Sejarah, DR. Didik Prajoko M.Hum, Wali klKota Ternate DR.Hi.Burhan Abdirahman SH.MM, Hidayat Sjah mewakili keluarga Sultan Baabullah dan sejumlah tokoh antara lain DR.Abdul Gafur, DR.Saiful Bahri Ruray, DR.Akbar Tanjung.

Dalam sambutannya, Wali kota Ternate DR Hi. Burhan Abdurahman memyampaikan bahwa pengusulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan sudah pernah dilakukan. Dan seiring waktu berjalan pemerintah kota (Pemkot) dan kesultanan Ternate bersama tim Akademis sudah mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk gelar tokoh sebagai pahlawan nasional.

“Kita tahu bersama bahwa Sultan Baabullah semasa hidupnya telah berhasil mengusir Portugis dari bumi Nusantara dan Ternate, meski dia ayahnya dibunuh tapi Sultan dengan kebijakannya, dengan menjunjung tinggi perasaan dan toleransi, sehingga ia mampu mengusir Portugis dari Ternate tanpa ada tumpahan darah,” jelas Wali Kota.

Lebih lanjut, orang nomor satu dikota Ternate ini, berharap melalui seminar yang dilakukan ini, para tim akademis bisa menjadi alasan yang sangat kuat untuk menjadikan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional.

“Saya yakin kerja sama dan kolaborasi kita bersama serta perjuangan selama ini bisa membuahkan hasil sehingga semua masyarakat Ternate bisa ikut bangga dengan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional,” tutupnya.

Seminar ini diinisiasi oleh Pemkot Ternate dan LSM Keramat yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. (NN)