Beranda Maluku Utara Wawali Resmi Membuka Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Tidore

Wawali Resmi Membuka Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Tidore

333
0
BAGIKAN
Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug. (Foto: Istimewa)

TIDORE KEPULAUAN – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Selasa (28/1) malam membuka dengan resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tidore, yang ditandai dengan pemukulan beduk dan diiringi alunan syair Group Hadrat di arena utama MTQ halaman Masjid Ar-rahman Kelurahan Topo Tiga Kecamatan Tidore.

Perhelatan akbar yang akan berlangsung selama 4 hari, yakni dari tanggal 28 s/d 31 Januari 2020 di halaman Mesjid Ar rahman Kelurahan Topo Tiga, dikuti sebanyak 86 orang peserta dari masing-masing Kelurahan se Kecamatan Tidore dengan mengikuti empat cabang perlombaan yang dipertandingkan masing-masing cabang Tilawah Al Qur’an, Hifdzil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an.

Dalam sambutan Wakil Wali Kota Tidore mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Jadikan pelaksanaan MTQ ini sebagai momentum strategis untuk mempererat tali silahturahmi dan persaudaraan dan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup. Para peserta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai keislaman dan tidak menodai kegiatan ini. MTQ bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Islam tehadap pentingnya Al Qur’an,” ujar Wakil Wali Kota.

Lanjutnya,  “Bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Tidore diharapkan makin mendorong generasi muda untuk lebih mempelajari, menggali dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an, dimana dalam amatannya minat generasi muda terhadap pengkajian Al Qur’an saat ini cenderung melemah baik kualitas maupun kuantitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan melalui kegiatan ini generasi muda kita lebih Qur’ani sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius,” cetusnya.

Sebelumnya Ketua Panitia M. Nur Jumati berharap dengan terselenggaranya MTQ ini dapat mempererat tali silaturrahim sesama umat muslim khususnya di Kecamatan Tidore, melakukan syiar Islam, dan upaya membumikan nilai Al Qur’an di sebagian negeri Toma Loa Se Banari menuju Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Santri.

Turut hadir Pimpinan OPD, Staf Ahli, Asisten Setda, Camat Tidore bersama Muspika, Para Lurah se Kecamatan Tidore, serta Tokoh Agama dan Masyarakat. (Hms/SS)