Beranda Maluku Utara Enam Kepala Desa Terpilih Antar Waktu Dilantik

Enam Kepala Desa Terpilih Antar Waktu Dilantik

216
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen secara resmi melantik enam kepala desa terpilih antar waktu di Wilayah Kecamatan Oba, yakni Kecamatan Oba Utara, Kecamatan Oba dan Kecamatan Oba Selatan. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, Selasa (2/6/2020).

Kepala desa yang baru mengambil sumpah jabatan dan pelantikan antara lain, Kecamatan Oba Utara, Anwar Lukman dilantik sebagai Kepala Desa Kusu, Samaun Ali dilantik sebagai Kepala Desa Ampera, Sandi Saleh dilantik sebagai Kepala Desa Galala. Kecamatan Oba, Djabir Musa dilantik sebagai Kepala Desa Koli, Sumitro Djafar dilantik sebagai Kepala Desa Bale serta Kecamatan Oba Selatan, Rino Abdurahman dilantik sebagai Kepala Desa Nuku.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tidore Kepulauan dengan nomor 65.1 Tahun 2020. tentang pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa antar waktu Kecamatan Oba Utara, Kecamatan Oba dan Kecamatan Oba Selatan.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dalam sambutanya menyampaikan, Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan saya bersama Walikota menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja mengambil sumpah dan di lantik sebagai Kepala Desa Kusu, Kepala Desa Ampera dan Kepala Desa Galala Kecamatan Oba Utara. Kepala Desa Koli, Kepala Desa Bale Kecamatan Oba. serta Kepala Desa Nuku.

“Semoga saudara-saudara dapat mengemban tugas dan tanggungjawab ini dengan baik demi kemaslahatan masyarakat di desa masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor dua di Kota Tikep ini mengatakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepala desa pada hari ini, masih bertepatan dengan suasana duka yang dialami oleh jajaran pemerintah kota bersama masyarakat Kota Tidore Kepulauan yaitu wafatnya putra terbaik daerah ini, Bapak Drs, H. Asrul Sani Soleiman pada tanggal 13 mei lalu, di saat beliau masih menjabat Sekretaris Daerah Kota Tikep.

“Almarhum telah mengabadikan diri untuk daerah yang kita cintai ini dengan tulus dan ikhlas, terutama mengabdikan sisa hidupnya dengan membantu saya dan Walikota serta membantu masyarakat di Kota Tikep untuk mencegah dan melindungi rakyat di negeri ini dari bahaya virus corona,” ujar Muhammad Sinen.

Selain itu, kata Muhammad Sinen, Ketua Tim penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Ibu Sulamah Ali Ibrahim, yang juga istri dari Walikota Tidore Kepulauan berpulang kerahmatullah  pada Minggu malam di Rumah Sakit Umum Ternate. Almarhumah juga sangat berjasa mengabdikan diri dalam mendampingi Walikota Tidore selama bertugas maupun memimpin tim penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan.

Dirinya pun mengajak kepada semua yang hadir, dan kepada bapak/Ibu yang beragama Islam kita baca dan kirimkan surat Al-fatiha kepada Almarhum bapak Drs, H. Asrul Sani Soleiman dan almarhumah Ibu Hj  Sulamah Ali Ibrahim dan kepada yang beragama non muslim mohon menyesuaikan.

“Semoga Allah SWT. Tuhan yang maha pengasih dan lagi maha penyayang melapangkan kubur mereka dan menempatkannya di tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ajaknya.

Lebih lanjut tambah Wawali, saat ini Walikota Bapak Captn Ali Ibrahim juga sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Ternate untuk itu saya juga mengajak kepada kita semua untuk terus berdoa, Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, mengangkat segala penyakit dan segera disembuhkan.

“Sehingga Walikota Capten Ali Ibrahim dapat kembali mendapat aktivitas seperti biasa, Aamin,” harapnya.

Tak lupa, Wawali juga menyampaikan bahwa, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepala desa pada hari ini, juga bertepatan dengan kerja keras serta kerja sama kita untuk terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kota Tidore Kepulauan, sebagai kepala desa yang baru, saudara-saudara wajib untuk mensosialisasikan himbauan,  instruksi dan himbauan dari pemerintah kota agar masyarakat dapat memahami dan mentaatinya, sehingga virus Corona ini kita cegah penyebarannya. jadilah tombak pencegahan Covid-19 di desa masing-masing, agar masyarakat merasa dan menjadi aman, tentram dan tenang serta tidak panik, dalam menghadapi masa penanganan bencana non alam wabah virus Corona.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, saya meminta kepada kita semua untuk bersatu dan saling membantu, saling mengingatkan dan terus berikhtiar, selain itu kita semua harus mematuhi seluruh protokoler kesehatan, antara lain memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan di air yang mengalir pakai sabun serta tidak berkerumunan,” jelasnya.

Turut hadir dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Kepala Badan Pemasyarakatan Desa Abd.Rasid AW.Umar, Kepala Inspektorat Arif Rajabessy, Kepala Dinas Sosial Amir Gorotomole, yang mewakili Kepala BKPSDM, Camat Oba Utara, Camat Oba, Camat Oba Selatan dan Kepala Desa terpilih serta tokoh agama dan masyarakat. (Hms)