Beranda Maluku Utara KKP dan DPR RI Gelar Sosialisasi Gemarikan Sekaligus Berikan Bantuan bagi Terdampak...

KKP dan DPR RI Gelar Sosialisasi Gemarikan Sekaligus Berikan Bantuan bagi Terdampak COVID-19

199
0
BAGIKAN
Suasana sosialisasi

TERNATE – Dalam rangka mendukung penanganan dampak pandemi Covid-19 dan peningkatan konsumsi ikan, KKP dan DPR RI Khususnya Komisi IV lakukan sosialisasi perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Sosialisasi berlangsung di aula Kantor DKP Kota Ternate, Jumat (5/6).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Wali Kota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurrahman SH. MM,  Tenaga Ahli DPR RI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Halmahera Barat, serta Kasubdit Kemitraan Publik, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Lerikanan, KKP dan sejumlah nelayan dan perwakilan warga terdampak Covid-19.

Sosialisasi dilakukan secara protokol kesehatan ini juga disertai dengan penyerahan paket Gemarikan sebanyak 1000 paket antara lain masker kain, materi promosi Gemarikan dan produk perikanan yang yang terdiri dari abon ikan Tuna, Ikan Teri kering dan ikan Cakalang beku. Paket tersebut didistribusikan ke dua lokasi di Ternate dan Halbar masing-masing 500 paket.

Wali kota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurrahman SH. MM dalam sambutannya mengajak masyarakat khususnya kota Ternate untuk mengkonsumsi ikan yang banyak. Menurutnya ikan merupakan sumber vitamin dan protein yang juga bisa meningkatkan imunitas terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, Kasubdit Kemitraan Publik Direktorat Pemasaran Kementerian kelautan dan Perikanan, Isjaturradhijah. M.Si, saat diwawancara menyampaikan produk Gemarikan merupakan produk olahan ikan yang dihasilkan oleh UMKM dan nelayan setempat. Menurutnya ini bisa membantu kelangsungan usaha mereka pada situasi pandemi. Kata dia, paket Gemarikan ini akan didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menurutnya, ini salah satu cara untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap Covid-19. Hal ini tentunya sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo di situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Selain itu ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein dan Omega-3 sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting khususnya berkaitan dengan kecerdasan,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya perluasan Gemarikan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat, menurunkan pravelensi stunting.

“Semoga bermanfaat untuk penanganan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 melalui peningkatan konsumsi ikan,” tutupnya. (Kara)