Beranda Maluku Utara Masyarakat di Tidore Belum Menjalankan Protokol Kesehatan dengan Baik

Masyarakat di Tidore Belum Menjalankan Protokol Kesehatan dengan Baik

74
0
BAGIKAN
Wakil Walikota Tidore, Muhammad Sinen.

TIDORE KEPULAUAN – Wakil Walikota selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, meminta kepada para lurah, kepala desa (Kades) untuk melibatkan para Ketua RT dan RW dan terus bekerja sama menjadi garda terdepan dalam menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat di kelurahan dan desa masing-masing dari bahaya virus corona.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, usai memantau aktivitas masyarakat pada sejumlah tempat di Daratan Oba pada hari Senin dan Selasa, (22-23/6/2020).

Muhammad Sinen juga mengungkapkan bahwa saat melakukan pemantauan lapangan pada tanggal 16 dan 17 Juni lalu di sejumlah tempat di Pulau Tdore serta berdasarkan laporan dari masyarakat, masih terjadi pelanggaran protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak saat berada di tempat-tempat umum.

Muhammad Sinen mengemukakan, hal tersebut disebabkan kurangnya pengawasan dari Tim Gugus Tugas Covid 19 di tingkat kota, kecamatan, kelurahan hingga desa di lapangan maupun belum adanya kesadaran bersama untuk mematuhi protokol kesehatan.

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Tidore kepulauan ini meminta kepada para camat agar ikut berperan aktif mengkoordinir para lurah, kepala desa hingga ketua RT dan RW di tingkat kelurahan dan desa masing-masing untuk memastikan seluruh masyarakat di wilayahnya mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak fisik, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir setelah beraktivitas di luar, tidak berkerumun serta membatasi aktivitas di malam hari sampai pada pukul 21. 00 Wit.

“Para Camat bersama Satgas Covid-19 tingkat kecamatan, agar memantau langsung secara terus-menerus para lurah dan kades bersama Satgas kelurahan dan desa masing-masing untuk rutin melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 di setiap kelurahan dan desa,” harap Muhammad Sinen.

Tidak hanya itu, Muhammad Sinen juga meminta Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa untuk melibatkan ketua RT dan RW serta unsur lainnya agar melakukan patroli pengawasan rutin terhadap aktivitas masyarakat di wilayah masing-masing agar mematuhi seluruh protokol kesehatan.

Muhmmad Sinen menegaskan bahwa kelurahan dan desa harus menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Kelurahan dan desa harus siap dan selalu siaga dalam melindungi masyarakat setempat.

“Untuk itu, para lurah dan kepala desa harus bekerja keras dengan melibatkan para ketua RT, RW Bersama Satgas kelurahan dan desa bersama unsur terkait lainnya menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat di kelurahan dan desa masing-masing dari bahaya virus corona,” tandas Muhammad Sinen. (Hms/SS)