Beranda Maluku Utara Peringati  HUT RI ke 75 Ratusan Penyelam di Ternate Lakukan Pengibaran Bendera...

Peringati  HUT RI ke 75 Ratusan Penyelam di Ternate Lakukan Pengibaran Bendera di Bawah Laut

181
0
BAGIKAN
Prosesi pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut.

TERNATE – Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ternate,  bekerja sama dengan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (Possi) serta Komunitas Diving Kota Ternate, Maluku utara, melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, tepatnya di pantai Falajawa Satu Ternate, Sabtu (15/8).

Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut ini, diikuti peserta upacara seratus orang dari personil Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (Possi), Brimob, Polair, Basarnas serta Komunitas Diving Ternate.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Ternate, Kolonel Kamaruddin mengatakan, Ada yang menarik dari acara pengibaran bendera ini. Dimana, dari ratusan peserta yang ikut, terdapat 2 peserta yang masih berumur 9 tahun yang didampingi langsung oleh anggota Lanal mengikuti upacara.

“Para peserta langsung mengibarkan bendera Merah Putih sambil melakukan penghormatan, diikuti dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. sementara, peserta lainnya dan warga yang hadir di lokasi ini juga, ikut melakukan penghormatan,” ungkap Danlanal Letkol Laut P Komaruddin.

Lanjut Komarudin, pengibaran bendera di bawah laut ini, dilakukan pada kedalaman sepuluh meter, yang berlangsung khidmat selama satu jam.

“Momentum pengibaran bendera di bawah laut dalam memperingati HUT RI ke- 75 ini, guna menumbuhkan semangat cinta nasionalisme dan kemaritiman kepada masyarakat Maluku Utara, terutama pada generasi muda sebagai penerus bangsa,” cetus Danlanal.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olah Raga Selam smSeluruh Indonesia (Possi) Ternate, Ruslan Bian menuturkan, kegiatan ini memiliki makna dan  tujuan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap laut dimana, Maluku Utara merupakan basis kelautan sehingga harus sering melakukan sosialisasi ke daerah lain, tentang kecintaan kepada laut agar laut terjaga dengan baik. Salah satu contoh adalah pengibaran bendera di bawah laut yang telah dilaksanakan.

“Kita harapkan ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain dimana kita harus mencintai Bahari dan menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap laut,” harap Ruslan yang juga Kepala Dinas Perikanan Kota Ternate. (HI)