Beranda Maluku Utara Reuni Perak Angkatan 95 SMANSA Ternate, Dikemas Lebih Milenial

Reuni Perak Angkatan 95 SMANSA Ternate, Dikemas Lebih Milenial

190
0
BAGIKAN

Tiktok Competition Kolaborasi SMANSA 95, OSIS SMANSA Serta Dispar Kota Ternate  Jadi Ajang Promosi Pariwisata Ternate.

TERNATE – Angkatan 95 SMA Negeri 1 Ternate melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka Reuni Perak. Kegiatan mengambil Tema Menua Dalam Persahabatan Dengan Silaturahmi Yang Tak Pernah Pudar ini telah dimulai dengan Senam Jantung Sehat di Almamater tercinta SMA Negeri 1 Ternate pada Jumat 23 September 2021.

Dilanjutkan dengan kegiatan Donor Darah pada Sabtu 24 September 2021. Sebelumnya, telah dilakukan sejumlah kegiatan berupa penyerahan sumbangan dan ziarah ke makam anggota alumni yang sudah berpulang.

Dr. Rizal Marsaoly Ketua Panitia Alumni mengemas kegiatan reuni bersifat historis edukatif.  Dalam wawancaranya mengatakan, Reuni Perak ini sengaja dikemas berbeda dari reuni sebelumnya mengingat Kota Ternate masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

“Kegiatan reuni ini dikemas dengan sangat berbeda dari reuni sebelumnya karena kita masih dalam masa pemulihan pandemi covid-19. Jadi kita kemas dengan kegiatan sosial,” jelasnya.

 

Masih Kata Rizal, “Reuni ini sendiri ada beberapa kegiatan, ada senam sehat jantung dan pentas seni. Target ya, sebenarnya SMA 1 Ternate ini terdapat sejumlah siswa yang punya kreatifitas tinggi, namun sejauh ini apa yang mereka hasilnya kendalanya ada di pemasaran. Momentum pentas seni ini kita akan libatkan anak-anak ini untuk  nantinya apa yang mereka produksi nantinya akan dijual dan dibeli oleh orang tua siswa yang lain hingga punya nilai tersendiri reuni ini. Kami libatkan OSIS, Pentas seni ini lebih bagaimana penguatan kepada ekonomi kreatif di SMAN 1, mainnya kita ini kita liat skupnya di SMAN 1. Nah mungkin kalau ini menjadi pilot project sebenarnya di sekolah lain juga bisa. Ini juga bisa menjadi pijakan bagi alumni di SMA lain untuk menyesuaikan pendekatan hubungan alumni dengan almamaternya.”­

Selain itu digelar juga Tiktok Competition untuk membangkitan pariwisata di Kota Ternate. Kegiatan ini  bekerja sama dengan OSIS SMA Negeri 1 Kota Ternate. “Anak-anak kita ajarkan sadar pariwisata dan mempromosikan destinasi wisata dengan cara milenial. Tiktok Competition ini mengangkat tema, Ayo ke Ternate Bangkit Pariwisata Ternate,” urai Rizal.  Pelibatan pengurus OSIS merupakan bentuk kepedulian kepada bakat dan potensi siswa SMANSA Ternate sejak muda. Kami ingin memberi kesempatan lebih besar pada siswa untuk mengkreasikan ide, gagasan dan peluang dalam kegiatan ini.

Sejak Rabu lalu, tiktok competition ini digelar selama satu minggu dan akan tayang selama dua minggu. Video tiktok yang paling banyak ditonton akan keluar sebagai pemenang. “Durasi kurang lebih 30-60 detik. Locus yang bisa mereka ambil bisa di setiap destinasi wisata. 20 video Tiktok terbaik akan masuk ke website pariwisata dan promosi di Kemenparekraf. Selain itu, pemenang akan mendapatkan hadiah beruba tabungan yang bekerja sama dengan BPRS,” beber Rizal.

Di akhir wawancara Rizal mengatakan, “Semangat yang kami bangun di reuni ini adalah kita saling shering satu hal terpenting yang menjadi semangat dalam reuni ini adalah bagaimana kita merubah paradigma lama. Dulu tahun 1995 kita fokus belajar dan dunia sekolah. Saat kita berkumpul  sekarang ini, kita sudah mempunyai pekerjaan, mindsite kita sudah berbeda dengan 25 tahun lalu. Tanggung jawab kita 25 tahun yang lalu dan saat ini berbeda. Sekarang ini bagaimana kita  harus punya kontribusi langsung membangun Ternate ke depan, ikut berperan dalam pembangunan di Kota Ternate. Caranya kita mengajak adik-adik kita agar bisa berkontribusi membantu pemerintah ke depan”.

Sementara Ahmad Purbaya salah satu alumni Smansa 95 memberikan apresiasi dan ikut serta berpartisipasi aktif, “Sebagai bagian dari angkatan 95 saya sangat mendukung kegiatan yang positif ini. Saya mengajak seluruh teman-teman angkatan agar berpartisipasi aktif mendukung kegiatan ini,” katanya.

Risno Sadonda disela-sela kesibukannya sebagai anggota DPRD Provinsi Malut  saat dimintai pendapatnya terkait kegiatan Alumni Smansa 95 mengatakan, akan hadir dalam acara family gathering yang akan dilaksanakan pada Minggu 3 Oktober 2021. “Selain penting untuk menjaga silaturahmi, saya merasa wajib untuk hadir bergabung bersama teman-teman untuk mendengarkan ide-ide segar.”

Meski tak sempat hadir karena saat ini sedang melaksanakan tugas sebagai Bupati Buru Selatan, Safitri Malik saat dihubungi mengatakan, menyampaikan salam rindu dan permohonan maaf karena belum bisa bergabung tetapi mendukung penuh kegiatan alumni Smansa 95 dengan mengajak seluruh angkatan untuk tetap menjaga dan memelihara  silaturahmi dengan berbagai aktifitas positif serrta mengingatkan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pemulihan pandemi covid19.

Sunarto Bonso Kepala Desa Pulau Gala Kecamatan Joronga Kabupaten Halsel mengatakan, sangat bangga bisa berkumpul dengan alumni 95. “Setelah 25 tahun saya baru bertemu lagi dengan teman-teman seangkatan, saya sangat terharu dengan kegiatan alumni Smansa 95. Ini silaturahim yang luar biasa,” ucap dia.

Ichsan Teng sebagai Ketua Angkatan saat ditemui mengatakan, “Alumni Smansa 95 adalah sekelompok orang dan cerita masa lalu yang telah menjadi sejarah saat ini diharapkan tidak hanya menjadi kumpulan orang yang pernah bersama di masa putih abu-abu, tapi menjadi bagian masyarakat yang dapat berperan aktif melalui silaturahmi yang terbangun oleh rasa kesetaraan persahabatan dan kekerabatan. Semoga yang dilakukan mendapat berkah dan dijauhkan dari fitnah dunia seisinya,” harapnya.

Rencananya  Sabtu 2 Oktober 2021 Alumni Smansa angkatan 95 akan melakukan Family Gathering di tempat wisata Locano Jikomalamo.  Acara ini tentunya menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker. (Dw)